Ini Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan dan Bedanya dengan Puasa Sunah

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 13 Mar 2022 13:00 WIB
A female adult is putting both hands together for doa (Muslim way of praying) during partial lockdown in Malaysia. Niat puasa ganti ramadhan. Foto: Getty Images/Alex Liew
Jakarta -

Berencana membaca niat puasa ganti Ramadhan sekaligus menjalani puasa sunah? Sebelum melakukannya, pahami dulu mengenai perbedaan bacaan niat puasa ganti Ramadhan dan puasa sunah.

Jelang Ramadhan 2022, mungkin kamu masih punya utang puasa tahun lalu. Kamu disarankan segera membayarnya dengan membaca niat puasa ganti Ramadhan dan berpuasa sebelum memasuki bulan suci tahun ini.

Membaca niat puasa ganti Ramadhan atau puasa qadha dilakukan untuk mengganti utang puasa karena haid hingga dalam perjalanan jauh selama bulan suci. Setelah membaca niat puasa ganti Ramadhan, kamu bisa berpuasa esok harinya.

Lewat surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman bahwa wajib bagi setiap umat muslim membaca niat puasa ganti Ramadhan dan menjalani puasa ganti Ramadhan bagi yang mampu melaksanakannya.

Berikut bunyi surat Al Baqarah ayat 185 mengenai kewajiban membaca niat puasa ganti Ramadhan dan menjalani puasa ganti Ramadhan;

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ

Artinya:

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Bagaimana jika ingin membaca niat puasa ganti Ramadhan kemudian melakukannya dibarengi dengan puasa sunah Senin dan Kamis? Tentu bisa dilakukan namun jika hanya membaca niat puasa sunah maka dianggap tak sekaligus membayar puasa ganti Ramadhan.

Hal ini pernah dijelaskan oleh Ustadz Abdul Somad lewat YouTube-nya. Ustadz Abdul Somad menyarankan untuk membaca niat puasa ganti Ramadhan saat ingin melakukannya dibarengi puasa sunah.

"Niatnya qadha saja bukan sunah karena kalau yang dibaca niat puasa sunah maka tidak dapat pahala pelunasan utang Ramadhan," jelas Ustadz Abdul Somad lewat video YouTube.

Bagaimana dengan perbedaan bacaan niat puasa ganti Ramadhan dan niat puasa sunah? Berikut perbedaan niat puasa ganti Ramadhan dan sunah.

Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan

Ini bacaan niat puasa ganti Ramadhan yang wajib dibaca pada malam sebelum menjalani puasa ganti Ramadhan pada esok harinya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an qadhā'I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta'âlâ

Artinya:

"Aku berniat untuk mengqadha puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah ta'ala."

Berbeda dengan niat puasa ganti Ramadhan, berikut niat puasa Senin dan Kamis yang bisa dibaca;

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta'ala

Artinya:

"Aku niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah ta'ala."

Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta'ala

Artinya:

"Aku niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah ta'ala."

Dengan membaca niat puasa ganti Ramadhan kemudian sekaligus menjalani puasa Senin dan Kamis maka bisa mendapatkan pahala berlipat ganda. Sudahkah kamu hapal niat puasa ganti Ramadhan dan puasa sunah?



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)