6 Perbedaan Mencolok Orang Kaya Baru Versus Orang Kaya Lama

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 04 Feb 2022 07:15 WIB
anna bey Foto: Instagram @schoolofaffluence
Jakarta -

Tidak ada yang salah dengan menjadi Orang Kaya Baru atau yang sering disebut OKB. Tapi para OKB sering kali jadi perbincangan karena perilaku atau kebiasaan mereka yang dianggap kurang elegan. Tak jarang orang-orang yang belum lama jadi kaya tersebut menunjukkan kekayaan dengan cara yang terlalu pamer. Kamu yang tidak ingin terlihat demikian atau ingin membedakan orang kaya baru dengan orang kaya lama, berikut enam tandanya yang bisa diperhatikan:

1. Terlalu Ramai Logo Brand
Anna Bey yang menyebut dirinya sebagai pelatih elegansi mengungkap tanda-tanda 'new money' atau OKB dalam video terbarunya di YouTube. Untuk memberi kesan elegan menurutnya hal itu patut dihindari karena membuat seseorang tampak norak. Salah satu perbedaan antara 'new money' dan 'old money' yang paling mencolok adalah soal brand. Mereka yang baru kaya umumnya suka pakai barang serba branded yang logonya jelas.

"Namanya sangat terlihat, sangat jelas, sangat mencolok di mata atau pakai baju bermotif dan semuanya logo brand. Itu bisa terlihat sedikit norak ketika kamu menggabungkan semua barang-barang berlogo atau brand jelas bersama, yang mana di situ lah menjadi sedikit tidak berkelas. Jika kamu mau logo, boleh. Tapi minimum saja, jangan semuanya berlogo, mungkin satu saja," katanya.

2. Pengeluaran Tak Terkira
Pengeluaran tidak kira-kira untuk barang-barang yang kurang penting menurut Anna adalah perilaku OKB. Semua orang memang berhak memakai uang mereka tapi biasanya kebiasaan OKB adalah menghabiskan uang cenderung berlebihan dan kurang bijak. Sementara orang kaya lama umumnya punya pola pikir bahwa mereka harus bisa mewariskan harta pada generasi selanjutnya.

"Mereka lebih hati-hati dengan pengeluaran walaupun mereka akan beli barang-barang mahal tapi mereka akan berpikir pada kualitas daripada kuantitas. Orang kaya baru lebih suka memamerkan kelebihan, lebih banyak lebih baik, tapi pengeluarannya tidak terkontrol, itu tidak elegan," ungkap Anna.

anna beyanna bey Foto: Instagram @schoolofaffluence

3. Liburan Mewah
Semua orang ingin liburan mewah. Tapi cara liburan mewah orang kaya lama dan orang kaya baru sedikit berbeda. OKB biasanya lebih suka pergi ke tempat-tempat yang sudah jelas destinasi orang kaya, seperti ski di Aspen atau menikmati musim panas di Perancis Selatan. "Jika kamu lebih tertarik dengan orang kaya lama atau jutawan atau miliarder rahasia kebanyakan mereka akan liburan ke tempat-tempat lain yang lebih 'low-key'" kata wanita yang juga mak comblang orang kaya tersebut.

4. Berfoto dengan Simbol Kekayaan
OKB biasanya juga suka memamerkan status mereka dengan berfoto dengan simbol-simbol kekayaan. Anna mengatakan jika mereka suka menampilkan diri dengan sampanye, kendaraan dan perhiasan mahal, atau momen saat berbelanja barang branded.

5. Beli Pesawat Pribadi
Menurut Anna, orang kaya lama justru tidak terlalu suka membeli kendaraan mewah, seperti yacht, pesawat jet, atau helikopter. Mungkin sesekali tapi 'old money' jarang mengoleksi hal-hal seperti itu. Mereka juga tidak suka berfoto dengan kendaraan mahal untuk menunjukkan status di media sosial.

6. Kasar Kepada Pelayan
Satu hal bisa diperhatikan ketika membedakan orang kaya baru dengan lama adalah cara mereka memperlakukan pegawai atau pelayan. Menurut Anna, orang kaya lama lebih elegan dalam bersikap dan jarang kasar kepada mereka yang mungkin statusnya lebih rendah. Sedangkan OKB justru merasa mereka bisa melakukan apa saja setelah baru tahu rasanya punya uang.

"Orang kaya lama sangat diajarkan untuk tidak bersikap kasar pada staff, itu adalah bagian dari budaya sosial mereka dan ini adalah sesuatu yang OKB jarang pikir atau tahu. OKB bisa sangat kasar, mereka mampu bersikap kasar pada orang dan itu salah. Jadi selalu meminta dengan baik-baik, terutama pada mereka yang melayanimu, membantumu, dan ada untukmu," kata Anna.

(ami/ami)