Pelit atau Hemat? Ini Konsep Frugal Living yang Harus Kamu Ketahui

Atta Kharisma - wolipop Selasa, 23 Nov 2021 19:04 WIB
CXO Media Foto: CXO Media
Jakarta -

Saat melihat seseorang dengan gaya hidup hemat atau frugal living, apa yang ada di pikiranmu? Beberapa mungkin berpikir kalau orang dengan gaya hidup frugal living itu pelit, tapi di sisi lain ada juga yang beranggapan gaya hidup hemat yang patut dipraktikkan di masa sekarang.

Lantas apa sebenarnya frugal living itu sendiri? Mengutip Wealthsimple, Advisor dari Forbes, Zina Kumok mengatakan frugal living berarti sadar akan pengeluaran dan fokus pada prioritas yang ada.

Seseorang yang hidup frugal memiliki tujuan hidup dan memikirkan bagaimana mengubah keuangan yang mereka miliki dapat membantu mencapai tujuan tersebut. Sehingga frugal living bukan berarti pelit melainkan cerdik dalam mengatur keuangan.

Tapi seberapa pentingkah gaya hidup Frugal? Bagaimana cara memulai gaya hidup Frugal? Bisakah kita menerapkannya?

Dalam acara Lintas Makna yang tayang di YouTube CXO Media, Dimas Danang dan Sheryl Sheinafia turut berbagi sudut pandang seputar frugal living. Sejumlah topik yang dibahas di antaranya pendapat tentang orang dengan gaya hidup frugal living, apakah mereka termasuk orang dengan gaya hidup frugal, penting tidaknya memiliki gaya hidup frugal, dan siapa yang harus mengadopsi gaya hidup frugal.

Menurut Sheryl, orang dengan gaya hidup frugal adalah orang yang hemat dan sederhana. Dirinya mengakui tanpa sadar adalah orang yang menerapkan gaya hidup yang Frugal.

"I think so, to certain extent iya. Maksudnya kita harus cautious sama apa yang kita, funding yang kita keluarkan to sustain our team, to sustain our well being in the future, karena kita sudah punya visi misi dan prioritas hidup masing-masing ya," ungkap Sheryl dikutip dari YouTube CXO Media, Selasa (16/11/2021).

Senada dengan Sheryl, Danang mengatakan memiliki gaya hidup frugal itu cukup penting.

"Aku jadinya mikir frugal living penting sih, supaya kita frugal agar tidak fragile tadi sih. Iya nggak sih? Kalau kita sekarang menghamburkan, karena kan ada itu lho, 3 fase itu, waktu kita muda kita punya tenaga, kita punya waktu, tapi nggak punya uang. Ditengah-tengah kita punya tenaganya, kita punya uangnya, tapi kita nggak punya waktunya. Terakhirnya jangan sampai kita nggak punya tiga-tiganya, at least kita punya uang, kita punya waktu, walaupun kita udah nggak punya tenaga," tuturnya.

Keduanya lalu membagikan tips untuk orang-orang yang mau memulai gaya hidup frugal, di antaranya sebagai berikut.

1. Amati Pengeluaran

Sebelum memulai frugal living, kamu harus tahu ke mana uangmu pergi. Kamu bias mencatatnya dalam jurnal, menggunakan aplikasi pengelola keuangan, atau dengan membuat tabel pengeluaran finansial.

2. Kontrol Biaya Makan

Makan adalah hal krusial namun seringkali mengacaukan pos pengeluaran. Terapkan disiplin diri bahwa budget uang makan tidak boleh melebihi aturan.

3. Jangan Sia-siakan Diskon

Kamu tetap bisa membeli barang yang diinginkan tentu dengan strategi memanfaatkan promo atau diskon. Namun tetap barang yang kamu beli adalah barang yang dapat menunjang kinerja sehari-hari dan yang benar-benar dibutuhkan.

4. Jual Barang yang Sudah Tidak Digunakan

Selain untuk menghemat ruangan, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa menambah tabungan masa depan.

5. Cerdik Memilih Transportasi

Menggunakan taksi menuju tempat kerja memanglah nyaman. Namun jika tempat kerjamu jauh, kenapa memilih naik taksi jika ada alternatif lain seperti kereta atau bus. Itu akan lebih aman untuk kantong.

6. Sortir Biaya Langganan Platform

Ingat, jangan semua layanan hiburan kamu gunakan. Pilihlah salah satu yang paling sering digunakan.

7. Jangan Lupa Menabung dan Berinvestasi

Manfaat frugal living adalah kemerdekaan finansial di masa depan. Jadi jangan lupa mengalokasikan pendapatan untuk berinvestasi dan menabung.

Untuk memudahkan orang-orang muda memulai gaya hidup frugal, kini telah hadir Livin' By Mandiri, sebuah super apps yang bisa membantu secara bertahap menjadi lebih frugal dalam hidup.

Livin' By Mandiri membantu mengelola finansial dengan 3 lompatan. Pertama lewat Comprehensive Banking Experience, di mana Livin' menghadirkan layanan cabang dalam genggaman. Kedua, Full-Suite Financial Services yang mengintegrasi seluruh kebutuhan finansial dalam satu aplikasi. Ketiga, Open Ecosystem yang memungkinkan integrasi dengan ekosistem digital favorit nasabah untuk dapat semakin terhubung dan mengagumkan.

Jadi untuk kamu yang secara bertahap mau belajar dan memulai hidup secara Frugal untuk mampu mengontrol dan membuat perencanaan keuangan, Livin' By Mandiri bisa menjadi solusi penuhi semua kebutuhan tersebut.

Frugal Living mengajarkan kita untuk mampu mengatur pengeluaran, dan membuat perencanaan keuangan jangka panjang. Ingat bahwa hidup bukan hanya untuk hari ini saja. Apapun yang kita pilih saat ini, pastikan sesuai dengan rencana masa depan.

(ads/ads)