Cerita Emak-emak yang Viral Bisa Bayar KPR Hingga SPP dengan Gaji Rp 2,7 Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 12 Nov 2021 15:15 WIB
Postingan yang viral di media sosial. Foto: Dok. Instagram @feti_ira36. Postingan yang viral di media sosial. Foto: Dok. Instagram @feti_ira36.
Pekalongan -

Dalam mengurus rumah tangga perencanaan keuangan sangat dibutuhkan agar seluruh kebutuhan bisa tercukupi. Seperti kisah emak-emak asal Pekalongan, Jawa Tengah ini yang membuat perencanaan keuangan dengan gaji dirinya dan suami sekitar Rp2,7 juta setiap bulan.

Adalah wanita bernama Feti Ira yang viral setelah membuat unggahan Instagramnya @feti_ira36 tentang rincian pengeluarannya setiap bulan. Unggahannya menjadi viral karena bisa membayar semua kebutuhan rumah tangga termasuk makan, SPP hingga cicilan KPR dengan gaji dirinya dan suami yang hanya Rp 2,7 juta setiap bulannya.

"Assalamualaikum wr wb. Selamat malam manteman online. Gajian sudah cair nih. Saatnya buat corat coret pengeluaran. Kalau membahas soal keuangan memang selalu pro dan kontra ya. Tapi di sini aku cuma berusaha untuk berbagi cerita aku saja," tulis @feti_ira36.

Dalam unggahannya Feti menulis pengeluaran wajibnya setiap bulan di antaranya, angsuran KPR, listrik, SPP anak, kuota dan lain-lain yang totalnya Rp 1,55 juta. Kebutuhan wajib lainnya adalah membeli beras, gas, belanja bulanan, belanja mingguan, perlengkapan anak yang totalnya Rp 790 ribu.

Dan ada juga pengeluaran untuk kebutuhan jajan anak dan bensin. Dari berbagai pengeluaran tersebut, Feti masih bisa menyisakan uang Rp170 ribu untuk sedekah, dana darurat, dan lainnya. Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Foto Feti Ira dan keluarga.Foto Feti Ira dan keluarga. Foto: Dok. Instagram @feti_ira36.

Cerita Feti Iraningsih yang Viral Bisa Bayar KPR hingga SPP dengan Gaji Rp 2,7 Juta

Wolipop sudah mewawancarai Feti Iraningsih yang mengunggah postingan tersebut di akun Instagramnya. Ia menikah sejak 2015 dan kini menjadi ibu rumah tangga dengan satu anak. Wanita yang akrab disapa Ira itu mengungkapkan alasan membuat unggahan tentang perencanaan keuangan rumah tangga tersebut.

"Membuat Rencana Keuangan Keluarga (RKK) menurut aku penting banget, supaya kita nggak terperosok. Jadi dengan cara membuat anggaran kita bisa memprioritaskan kewajiban dulu. Dan mengeposkan uang supaya tidak selalu over budget," ungkap Ira melalui Whatsapp, Kamis malam (11/11/2021).

Postingannya yang viral di media sosial mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Ada yang memuji aksinya dalam merencakan keuangan dan ada juga yang nyinyir. Apa tanggapannya?

"Kadang kesel ya, tapi tetap santai saja. Karena tidak semua orang bisa suka sama kita. Terus aku sudah niat buat main socmed, jadi mau nggak mau pasti ada netizen lah ya, tapi aku bikin cuek aja yang penting tetap fokus sama apa tujuan kita saja," ucapnya yang tak mau ambil pusing.

Wanita 26 tahun itu pun menanggapi komentar netizen yang mengatakan jika anggaran keuangannya tidak masuk akal. "Iyaa.. itu sih terserah mereka ya, yang penting saat itu memang kondisi keuanganku lagi down. Mereka kan nggak tahu dapur orang," tuturnya.

Lalu bagaimana rincian belanja bulanan ala Ira? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2