Emak-emak Viral Bisa Bayar Kebutuhan Rumah Termasuk KPR, Gaji Cuma Rp 2,7 Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 12 Nov 2021 08:18 WIB
Foto Feti Ira dan keluarga. Postingan yang viral di media sosial. Foto: Dok. Instagram @feti_ira36.
Pekalongan -

Kehidupan rumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan. Dan mengatur keuangan bukanlah perkara yang mudah. Perlu perencanaan keuangan yang matang dan benar, agar seluruh kebutuhan bisa terpenuhi, apalagi dengan gaji yang tidak besar.

Seperti postingan viral emak-emak asal Pekalongan, Jawa Tengah ini yang merinci pendapatan dan pengeluaran sehari-hari di unggahan Instagramnya @feti_ira36. Dia viral karena bisa membayar semua kebutuhan rumah tangga termasuk makan, SPP hingga cicilan KPR dengan gaji dirinya dan suami yang hanya Rp 2,7 juta setiap bulannya.

"Assalamualaikum wr wb. Selamat malam manteman online. Gajian sudah cair nih. Saatnya buat corat coret pengeluaran. Kalau membahas soal keuangan memang selalu pro dan kontra ya. Tapi di sini aku cuma berusaha untuk berbagi cerita aku saja," tulis @feti_ira36.

"Nah untuk pengeluaran setiap keluarga itu pasti tidak ada yang sama dan untuk keluarga aku Alhamdulillah kita punya penghasilan segini ya harus bisa mengelola dengan baik dan bijak," tambahnya.

Dalam unggahannya Feti menulis pengeluaran wajibnya setiap bulan di antaranya, angsuran KPR, listrik, SPP anak, kuota dan lain-lain yang totalnya Rp 1,55 juta. Kebutuhan wajib lainnya adalah membeli beras, gas, belanja bulanan, belanja mingguan, perlengkapan anak yang totalnya Rp 790 ribu. Dan ada juga pengeluaran untuk kebutuhan jajan anak dan bensin. Dari berbagai pengeluaran tersebut, Feti masih bisa menyisakan uang Rp170 ribu untuk sedekah, dana darurat, dan lainnya.

[Gambas:Instagram]

Postingan Feti tersebut langsung viral dan mendapatkan beragam reaksi dari warganet. Hingga Kamis (11/11/2021) postingan tersebut sudah mendapatkan 2.593 Likes dan 269 ribu komentar. Warganet ada yang memuji kehebatan Feti mengatur keuangan keluarga, ada juga yang mempertanyakannya dan menganggap tidak logis seluruh kebutuhan rumah tangga tersebut bisa dipenuhi dengan gaji Rp 2,7 juta.

"Selalu menginspirasi bund๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜," ucap akun @meymey_story.

"MasyaAllah ๐Ÿ˜ hebat mbak mau share ttg keuangan keluarga nya... Jarang banget ada yg begini ... SUBHANALLAH salut mbak... Bisa menginspirasi banyak org...๐Ÿ‘ Semoga sehat selalu, sukses dan dimudahkan segala urusan nya, bertambah pula Rejeki nya...Amiin," takjub akun @icha.vica.

"Keep inspiring Mbak ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ”ฅ abaikan yang suka nyinyir :'(," saut akun @nienditadria.

"Hebat loh mba nya ini ๐Ÿ‘ gaji pas-pasan tapi masih bisa nyicil KPR rumah ๐Ÿ™Œ patut docontoh buat yang belum punya rumah nih," timpal akun @nandarinie_2112.

"Seriusss bisaa ??๐Ÿ˜ฎ," takjub akun @ivonwulanda.

Foto Feti Ira dan keluarga.Foto Feti Ira dan keluarga. Foto: Dok. Instagram @feti_ira36.

"Kalau diperhatiin kenapa beras selalu gak ada ya? Gak makan nasi mba?" tulis akun @rinndudh.

"Emang gak pernah tergiur untuk jajan atau makan diluar yah mba & apakah pernah kebobolan pengeluaran juga?" tanya akun @aasasmiasmi.

"Untuk kebutuhan wajib tidak logis... Rp600 ribu untuk 1 bulan berarti 1 hari cuma boleh belanja ke pasar Rp20 ribu.. pembelian beras tidak dicantumkan, Rp20 ribu ke pasar beli ayam ยฝ kg udah habis.. ga pakai bumbu-bumbu dapur? Untuk makan sekeluarga Rp20 ribu per hari? Tinggal dimanapun gw rasa ga bakalan cukup uang segitu," penasaran akun @christiangio_.

Dalam unggahannya di Instagram, Feti menjelaskan dia membuat anggaran pengeluaran mulai dari kewajiban kebutuhan wajib, kebutuhan lain-lain. Dia pun menegaskan jika penghasilan dan kebutuhan setiap orang berbeda. Dan juga harga kebutuhan masing-masing daerah berbeda.

"Cukup tidaknya penghasilan itu tergantung cara mengelolanya mau berpenghasilan besar ataupun kecil sama saja. Hidup itu sawang sinawang. Sedikit belum tentu kurang & banyak belum tentu cukup. Selain bersyukur juga harus ikhlas. Biasanya ilmu ikhlas itu lebih sulit dari bersyukur," tegasnya.

Wolipop sudah menghubungi Feti Ira terkait unggahannya cara mengatur pengeluaran dengan gaji Rp 2,7 juta ini. Bagaimana cerita Feti tentang unggahannya yang viral? Nantikan artikel selanjutnya di Wolipop.

Tonton juga:'Kreasi Baju Kucing Karya Fredi yang Mendunia'

[Gambas:Video 20detik]



(gaf/eny)