5 Tips Kelola Gaji di Masa Pandemi agar Tak Cepat Habis

Alfi Kholisdinuka - wolipop Sabtu, 07 Agu 2021 10:27 WIB
Menyimpan Uang Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Mengelola gaji awal bulan di masa pandemi tentu memiliki banyak tantangan. Salah satu tantangannya adalah godaan diskon di e-Commerce yang membuat orang kerap kalap untuk menghamburkan gaji yang dimilikinya.

Padahal di masa sulit seperti ini setiap orang harus mampu memastikan uang gaji yang diterima teralokasikan dengan baik, agar semua kebutuhan hidup tercukupi. Untuk itu, penting belajar memahami dan mengatur gaji yang kita dapat.

Dilansir dari berbagai sumber berikut 5 tips kelola gaji di masa pandemi agar tak cepat habis.

1. Atur Prioritas Budget Bulanan

Mengatur budget bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki teralokasikan dengan baik. Pasalnya budget ini adalah batasan yang ditetapkan di awal agar pengeluaran tiap bulannya dapat terencana.

Di masa pandemi ini setiap orang harus lebih sadar dengan pengeluaran. Hindari pengeluaran yang tidak perlu, dan cobalah untuk mengatur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan bukan keinginan.

2. Persiapkan Dana Darurat

Dana darurat ini akan sangat membantu di saat kita tidak lagi memiliki penghasilan. Oleh karenanya, penting mempersiapkan dana darurat selagi kita memiliki penghasilan yang cukup, apalagi di masa pandemi ini.

Idealnya, setiap orang memiliki dana darurat sebesar 3-6 kali dari total pengeluaran bulanan. Pastikan sejak awal terima gaji, sebagian kecil dialokasikan untuk dana darurat agar dapat memenuhi kebutuhan yang tak terduga di masa mendatang.

3. Sisihkan untuk Investasi

Investasi ini sudah menjadi kendaraan banyak orang untuk mencapai tujuan finansial. Jadi daripada menghabiskan gaji dengan membeli sesuatu yang percuma, lebih baik mulai investasi di masa pandemi agar di masa depan memiliki tabungan yang cukup.

Instrumen investasi pun kini sudah banyak, mulai dari saham, reksadana, obligasi hingga tabungan emas. Pastikan memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko.

4. Jangan Berfoya-foya Berlebihan

Berfoya-foya sehabis gajian itu boleh, asal jangan berlebihan. Pasalnya, situasi pandemi ini bukan berarti kondisi sudah pulih dan ekonomi membaik. Buatkan alokasi untuk pos bersenang-senang ini, dan jangan sampai mengorbankan alokasi pos lainnya.

5. Perbanyak di Rumah Lebih Baik

Memperbanyak waktu di rumah di masa pandemi otomatis akan ada pengeluaran-pengeluaran yang terpangkas, seperti transport, parkir, dan lainnya. Tapi, kita juga harus bisa mengendalikan diri selama di rumah ini salah satunya dengan tidak tergiur untuk belanja barang-barang online.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengelola gaji di masa pandemi. Pastinya, kamu harus melakukannya dengan perasaan senang agar hasilnya maksimal. Selain itu, manfaatkan juga fintech untuk mengatur keuangan atau gaji.

Salah satu alternatif fintech yang bisa dicoba yakni Dompet Digital DANA yang memungkinkan kamu untuk mengatur keuangan lebih mudah dan #BebasDrama. Dengan menggunakan DANA kamu bisa mulai atur keuangan dengan DANA Goals agar dapat menyisihkan uang dari gaji dengan terencana untuk mencapai target finansial. Kamu juga bisa mulai investasi emas dengan DANA eMAS.

Selain itu, transaksinya juga dijamin aman karena ada DANA Protection yang dilengkapi sistem keamanan berlapis dan dinamis serta memberikan garansi 100% uang kembali sesuai syarat & ketentuan di aplikasi DANA.

(ncm/ega)