Cerita 3 Artis Indonesia Gunting Kartu Kredit, Ada yang Ingin Hidup Tanpa Riba

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 23 Okt 2020 13:30 WIB
Ivan Gunawan Foto: Youtube Ivan Gunawan
Jakarta -

Banyak orang mengandalkan kartu kredit untuk membayar berbagai tagihan, termasuk para selebriti. Seperti orang lain, tak sedikit artis yang kebablasan dalam penggunaannya sehingga menguras keuangan. Ingin lebih hemat hingga menghindari riba, tiga artis Indonesia pun mengaku sudah menggunting beberapa kartu kredit hingga menyetop total pemakaiannya. Berikut pengakuan mereka yang bisa jadi inspirasi kamu setop hidup boros.

Ivan Gunawan

[Gambas:Instagram]



Dalam sebuah vlog yang dirilis beberapa bulan lalu, Igun menggunting dua kartu kredit yang limitnya bisa dipakai untuk beli mobil mewah. Kondisi pandemi Corona yang tidak menentukan pun menjadi sebabnya. Ia mengaku tidak ingin pengeluaran terus membengkak sedangkan pemasukan belum tentu bertambah. Terlebih artis 38 tahun tersebut juga merasa jadi orang yang konsumtif selama 10 tahun terakhir karena kartu kredit.

"Sebenarnya alasannya simpel. Intinya aku ingin mengubah sistem keuangan. Nggak mau jadi konsumtif karena dengan kartu kredit, apalagi limit-nya besar, kita kalau mau beli barang jadi nggak mikir guys. Walau ATM nggak ada uang, bawaaannya pengen spending terus sedangkan semenjak covid pendapatan belum tentu tiap hari masuk. Aku takut memiliki utang yang makin banyak lewat kartu kredit," ungkapnya dalam video 'IGUN GUNTING KARTU KREDIT LAINNYA, LIMITNYA BISA BELI MOBIL MEWAH!!'

"Memasuki 2020 aku mau jadi manusia yang lebih sadar diri, nggak mau konsumtif dengan belanja yang nggak-nggak, nggak pengen punya utang besar," ujar pria yang total menggunting lima kartu kredit.

Five Vi

[Gambas:Instagram]



Artis Five Vi punya alasan lain mengapa ia menyudahi fasilitas kartu kredit. Artis yang sudah memutuskan untuk hijrah dan bercadar itu ingin menjauhi riba. Wanita yang dulu dikenal sebagai artis sinetron tersebut mengaku telah memotong kartu kredit karena hukumnya berat dan sudah tidak perlu dunia.

Memfokuskan kehidupannya untuk bekal akhirat, wanita 40 tahun itu kini juga berhenti menggunakan KPR. Kepada wartawan, Five Vi mengatakan dulu memakai fasilitas-fasilitas keuangan itu karena tidak tahu bahwa mereka riba (melebihkan jumlah pinjaman).

Ayu Dewi

[Gambas:Instagram]

Artis lain yang baru-baru ini menggunting kartu kredit adalah Ayu Dewi. Presenter tersebut terpaksa menghentikan penggunaan beberapa kartunya setelah dimarahi oleh sang suami Regi Datau. Dikatakan jika Ayu awalnya memakai kartu itu untuk kebutuhan anak-anak tapi belakangan malah digunakan untuk berbelanja. Meski berdalih untuk kepentingan keluarga seperti beli popok dan kompor, Regi melihatnya sebagai pemborosan.

"Jangan mesem-mesem kamu tuh. Ini dipatahin aja deh tagihannya gede nanti jadi malas deh. Ambil gunting deh sana cepetan ambil guntingnya dulu," terang Regi Datau. Sini gunting ya kartunya. Aku gunting ya ini kartunya. Kamu tuh banyak banget belanja," lanjutnya di video YouTube PAK REGI MARAH BESAR !!! AYU KEBANYAKAN BELANJA.

(ami/ami)