Sebentar Lagi Cair, Ini Tips agar Gaji Tak Cepat Berlalu

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Rabu, 26 Agu 2020 21:52 WIB
close-up of person counting stack of paper cash in wallet Foto: Getty Images/iStockphoto/Christian Horz
Jakarta -

Mengatur keuangan tidak membutuhkan skill yang terlalu sulit untuk dipelajari. Ilmu finansial hanya perlu diasah dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai keperluan dan kebutuhan. Sehingga mampu mempersiapkannya dengan baik.

Mengatur keuangan bisa diawali dengan mengalokasikan gaji. Penghasilan disisihkan untuk keperluan jangka pendek hingga keperluan jangka panjang. Selain itu ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan untuk menjaga keuangan tetap stabil, seperti penjelasan di bawah ini:

Utang

Tidak bisa mengatur atau mengontrol pengeluaran adalah penyebab adanya utang. Inilah yang mengakibatkan gaji cepat berlalu. Untuk itulah perlu dilakukan pengetatan dalam hal pengeluaran dan menggunakan dana pinjaman.

Dana Darurat

Dana darurat merupakan penyelamat saat ada keperluan yang lebih besar. Jika memang belum membuat dana darurat, ada baiknya uang dari gaji nanti disisihkan untuk tabungan ini.

Budget Bulan Depan

Budget untuk bulan depan harus disesuaikan sebelum mendapatkan uang gajian. Caranya adalah mengelompokkan pengeluaran masa depan, sehingga terlihat jumlah keseluruhannya dan kamu bisa lebih mengontrol diri.

Dengan mengecek beberapa hal di atas tentu diharapkan bisa menjaga agar uang gajian tidak langsung habis.

Untuk memenuhi kebutuhan biar gajian nggak langsung habis, bisa menggunakan promo dari aplikasi grab. Layanan GrabMart di aplikasi Grab menghadirkan 'Payday Promo' menjelang gajian. Saat ini kamu bisa menikmati diskon hingga 45% tiap belanja beberapa produk di GrabMart. Promo ini pun diketahui berlangsung hingga 30 Agustus 2020.

(prf/eny)