Cara Atasi Stres Buat Generasi Sandwich yang Harus Tanggung Hidup Ortu

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 27 Jul 2020 18:05 WIB
Sandwich Generation. Vector illustration Ilustrasi generasi sandwich. Foto: dok. istock.
Jakarta -

Kehidupan generasi sandwich 'dijepit' oleh dua generasi pendahulunya (orangtua) dan merawat generasi penerusnya (anaknya). Kondisi ini membuat sebagian dari generasi sandwich mengalami stres akibat tuntutan tersebut.

Bagaimana cara mengatasi stres ketika dalam kehidupan ini harus menanggung beban keuangan orangtua dan anak? Psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. berbagi tips bukan hanya untuk generasi sandwich itu sendiri, melainkan juga untuk orangtua yang keuangannya ditanggung sang anak.

"Jadi sebenarnya ini kan ada tiga pihak, nenek kakek, orang dewasa dan anak kecil. Untuk yang lansia tipsnya, supaya mereka jika memungkinkan berusaha semandiri mungkin sehingga tidak terlalu menggangu kehidupan anal-anaknya. Namun sangat boleh untuk meminta tolong kepada anak-anaknya yang sudah dewasa tersebut. Sebaliknya jangan jadi mandiri juga karena memang ada beberapa risiko, misalnya tinggalnya sendirian. Nah, kalau lansia tinggal sendiri lebih rentan. Bagi lansia penting juga tahu batasan kapan meminta tolong dan kapan dia perlu berusaha sendiri," kata psikolog yang akrab disapa Nina itu kepada Wolipop Rabu (22/7/2020).

Sandwich Generation. Vector illustrationSandwich Generation. Vector illustration Foto: dok. istock

Sedangkan untuk kamu para generasi sandwich, tips dari psikolog yang praktik di Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI itu adalah harus bisa membagi waktu. Kamu harus bisa mengatur waktu kapan untuk anak dan orangtua.

"Jangan terus-terusin waktunya mengurusi anaknya atau sebaliknya. Karena memang apa boleh buat sebagai sandwich generation ini semuanya harus ditangani," ujar Nina.

Meminta bantuan pihak ketiga juga bisa dilakukan untuk kamu yang harus menanggung kehidupan orangtua sekaligus mengurus anak. "Jangan semuanya dia pegang sendiri," saran Nina.

Menetapkan batasan yang jelas juga perlu dilakoni para generasi sandwich. Kamu harus mengetahui seberapa mampu dirimu membantu orangtua dalam hal keuangan.

"Perlu dipahami batasan yang ada. Misalnya batasan keuangan alokasinya, batasan energi jangan ngoyo kecuali dibutuhkan sekali. Supaya nggak terlalu ngoyo harus kerja sama. Melakukan manajemen kehidupan yang baik, manajemen keuangan, waktu, ruang dan energi itu penting dilakukan," jelasnya.



Simak Video "Dear Bucin, Yuk Kenali 'Toxic Financialship' saat Berpacaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)