7 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung, Dijamin Ampuh

Tanaya Shella Julyana - wolipop Sabtu, 01 Mei 2021 13:00 WIB
komedo Cara menghilangkan komedo. Foto: iStock
Jakarta -

Komedo merupakan hal yang paling menyebalkan untuk dihadapi: sulit disembunyikan, sulit dihilangkan dan terus muncul kembali. Tetapi apa sebenarnya komedo itu? Dan bagaimana cara menghilangkan komedo?

"Komedo secara medis dikenal sebagai komedo terbuka, yaitu pori-pori yang berisi minyak atau sebum, kotoran, dan sel kulit mati. Campuran minyak yang berada di permukaan pori, kemudian teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam atau abu-abu." jelas Robyn Gmyrek, M.D., dokter kulit di Park View Laser Dermatology di New York City menjelaskan definisi komedo.

Perbedaan utama di antara komedo hitam dan putih adalah bahwa komedo yang tampak gelap atau hitam diakibatkan karena pori-pori terbuka. Sedangkan komedo putih adalah komedo tertutup yang berarti permukaan folikel yang tersumbat ditutupi oleh lapisan tipis kulit, menciptakan warna yang lebih terang.

Penyebab Komedo

Menurut Dr. Gymrek, komedo memiliki banyak penyebab. Seperti dikutip dari Good House Keeping, komedo paling sering muncul pada masa purbetas.

"Pada masa pubertas etika hormon menyebabkan peningkatan produksi sebum atau minyak dan pori-pori tersumbat," jelasnya. "Hormon juga dapat berfluktuasi dan menyebabkan komedo selama menstruasi bulanan, kehamilan, dan pada mereka yang mengalami sindrom ovarium polikistik atau sindrom hormonal lainnya di mana terdapat kelebihan androgen."

Komedo juga bisa muncul akibat pemakaian topi atau helm saat berkeringat. Penggunaan krim wajah atau produk berbasis minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

"Genetika juga dapat berperan dalam munculnya komedo," kata David Bank, M.D., pendiri dan direktur Pusat Dermatologi, Kosmetik & Bedah Laser di Mount Kisco, NY. Artinya jika saudara atau oragtua kamu rentan terhadap komedo, kemungkinan besar kamu juga demikian.

Cara Mencegah Komedo

Komedo menurut para pakar tidak dapat dihilangkan secara permanen. Gaya hidup dan hormon yang ada di dalam tubuh yang menyebabkan komedo sulit ditiadakan selamanya.

Meskipun kamu tidak dapat menghilangkan komedo secara permanen, kamu dapat mencegahnya. Caranya selalu hapus riasan atau makeup di malam hari dan basuh wajah dengan facial wash dua kali sehari. Pastikan untuk mengatasi masalah hormonal yang mendasari yang menjadi penyebab komedo, kurangi pemakaian krim wajah, makeup atau produk rambut yang menyebabkan muka berminyak dan kotor. Namun, jangan melewatkan untuk menggunakan pelembab, karena ini penting untuk semua jenis kulit- pastikan saja untuk memilih formula yang bebas minyak dan non-komedogenik.

Cara Menghilangkan Komedo

Ada banyak cara untuk mengobati dan mencegah komedo. Mulai dari menggunakan skincare hingga cara praktis memakai strip pengangkat komedo.

Berikut 10 cara menghilangkan komedo hitam yang membandel:

1. Cobalah Salicylic Acid

Pertama, cobalah skincare dengan bahan aktif seperti asam salisilat, asam beta-hidroksi yang ideal untuk menghilangkan komedo. "Karena larut dalam minyak, ia mampu menembus pori-pori dan kelenjar minyak untuk memecah kotoran dan sebum," jelas Dr. Rodney. Dia merekomendasikan untuk menggunakannya sebagai pembersih harian.

2. Gunakan Benzoyl Peroxide

Pilihan lain yang efektif dan sedikit lebih kuat untuk komedo adalah benzoyl peroxide. Skincare dengan kandungan bahan ini dapat mengangkat sel kulit mati di atas jerawat dan membantu membukanya. Namun penggunaan skincare dengan benzoly peroxide ini tidak bisa sembarangan. Dr. Gmyrek memperingatkan cara menghilangan komedo dengan benzoyl peroxide harus mengikuti prosedur yang disarankan pada petunjuk pengemasan produk, karena jika berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

3. Cobalah Retinoid yang Kuat

Jika semuanya gagal, skincare dengan retinoid dan retinol turunan dari vitamin A, juga bisa sangat mengobati komedo. "Retinoid mengubah cara sel kulit Anda berkembang dari dalam ke luar, juga untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan pembentukan jerawat," jelas Dr. Rodney.

4. Gunakan Uap untuk Menghilangkan Komedo secara Instan

Air panas dan uap dapat membantu melonggarkan sebum di dalam pori-pori. Cara menghilangkan komedo dengan uap air, kamu bisa menaruh air panas di ember atau baskom kecil, lalu posisikan wajah di atas baskom yang berisi air panas dan masih menguap. Gunakan handuk untuk menutup area kepala hingga baskom agar uap tepat mengarah ke wajah

Cukup uap wajah selama 10-20 menit atau basuh wajah menggunakan handuk yang sudah direndam pada air panas. Sehingga pori-pori akan terbuka lebih lebar dan lebih mudah untuk menghilangkan komedo.

5. Cara Menghilangkan Komedo Dalam Semalam

Untuk menghilangkan komedo dalam semalam, Dr. Bank merekomendasikan dua langkah. Pertama gunakan strip komedo terlebih dahulu dan ikuti setelahnya dengan mengoleskan gel salicylic acid sebelum tidur.

6. Gunakan Strip Komedo untuk Menghilangkan Komedo di Hidung

Strip komedo menempel pada kulit hidung, dan saat mengering, perekat menempel pada minyak, sebum, dan sel kulit mati, kata Dr. Gmyrek. Namun, penggunaan strip komedo ini dapat menyebabkan iritasi, jadi berhati-hatilah jika kamu memiliki kulit sensitif. Jika kamu rentan terhadap komedo di hidung, Dr. Bank menyarankan untuk rutin menggunakan pembersih atau serum dengan asam salisilat di area tersebut.

7. Datang ke Dokter Kulit untuk Menghilangkan Komedo yang Dalam

Cara menghilangkan komedo yang sangat dalam, kamu tidak bisa hanya mengandalkan skincare. "Untuk komedo yang sangat dalam, kamu sebaiknya menemui dokter kulit atau ahli kecantikan, karena mereka memiliki alat khusus yang dapat dengan aman mengekstrak kotoran yang terperangkap di pori-pori," jelas Dr. Drodney. "Jangan mencoba menghilangkannya sendiri, karena ini dapat menyebabkan trauma dan jaringan parut pada kulit kamu," tambahnya.



Simak Video "'Breylee' Pencabut Komedo Yang Viral di Tiktok"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)