ADVERTISEMENT

Viral Nenek 92 Tahun Ini Jadi Bukti Pentingnya Pakai Sunscreen Sampai Leher

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 14 Sep 2022 09:10 WIB
Smiling pretty woman applying cream on her face in bathroom Foto: iStock
Jakarta -

Pakar kecantikan tak bosan-bosan mengingatkan pentingnya pakai sunscreen di keseharian. Tak hanya ketika terpapar sinar matahari, disarankan pula untuk mengenakannya bahkan saat berada di dalam ruangan. Sebuah postingan yang viral di Twitter jadi buktinya. Dalam unggahan, wajah seorang nenek terlindungi berkat tabir surya tapi tidak lehernya.

Kulit manusia sangat terpengaruh dengan panas matahari. Bukan hanya menggelapkan, sinar UV diketahui bisa memicu penuaan dini. Untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit, sunscreen perlu rajin digunakan. Tak hanya di wajah, jangan lupakan bagian lain yang ikut terpapar, seperti leher.

Sebuah foto yang diunggah seorang dokter berikut bisa jadi motivasi kamu untuk rutin menggunakan skincare dan sunscreen. Dalam foto terlihat bagaimana wanita berusia 92 tahun memiliki perbedaan tekstur kulit di bagian wajah dan lehernya. Selain karena usia, hal itu terjadi karena ia hanya menggunakan tabir surya di muka.



"Pipi dan leher dari wanita 92 tahun yang menggunakan pelembap yang memproteksi UV pada wajahnya tapi tidak di lehernya selama 40 tahun," tulis Avi Bitterman, MD dalam postingannya.

Postingan yang viral itu dikomentari banyak orang dan pecinta dunia kecantikan, termasuk Dr. Christian Posch, seorang peneliti kanker kulit. Foto yang berasal dari jurnal di 2021 ini menurutnya menunjukkan bahaya UV yang sebenarnya. Bisa dilihat jika leher wanita tersebut tak hanya kendur atau keriput tapi juga timbul bercak yang menjadi tanda-tanda dari dampak parah sinar matahari.

Di kolom komentar, banyak netizen yang mengaku terkejut dengan penampakan kulit nenek tersebut dan tergugah untuk rutin pakai sunscreen. Tapi beberapa juga berkomentar bahwa wajah wanita itu bisa jadi lebih mulus daripada leher bisa jadi karena perawatan ekstra, seperti peeling atau laser sehingga terlihat lebih baik.

Meski begitu, sunscreen terbukti bisa mencegah kulit dari peradangan, kemerahan, dan penuaan dini jika rutin diaplikasikan. Disarankan untuk menggunakan 4-5 jam sekali, terutama ketika sedang di luar ruangan dan benar-benar terpapar sinar matahari.

Lihat juga video 'Pentingnya Pakai Sunscreen Meski di Rumah Saja':

[Gambas:Video 20detik]



(ami/ami)