ADVERTISEMENT

Kisah Jatuh-Bangun Carl & Claire Hadirkan Parfum Lokal Berkualitas

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Selasa, 06 Sep 2022 19:11 WIB
Carl & Claire Foto: Dok. Carl & Claire
Jakarta -

Seiring berkembangnya zaman, tren wewangian terus mengalami inovasi. Bahkan, kini parfum pun telah menjadi item yang sering digunakan, baik untuk memberikan sentuhan aroma wangi maupun untuk membangun kepercayaan diri.

Melihat peluang ini, Founder sekaligus CEO dari Carl & Claire Nouva Puspita menghadirkan serangkaian aroma parfum menarik lewat brand Carl & Claire untuk menciptakan rasa percaya diri bagi para penikmatnya. Di samping itu, Carl & Claire juga hadir sebagai jawaban bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan parfum berkualitas tinggi, namun dengan harga terjangkau.

Nouva bercerita awalnya ia sempat ragu dalam mengembangkan bisnisnya. Namun, hal ini justru menjadi motivasi baginya untuk berani mengulik lebih dalam mengenai potensi dan peluang berbisnis di industri parfum. Meski banyak tantangan, ia akhirnya berhasil memasarkan 30 varian parfum yang inovatif dan berkualitas.

"Perasaan ragu menjadi bagian dari awal perjalanan saat mendirikan Carl & Claire, khususnya dengan peta persaingan industri yang didominasi para pemain bisnis lama dan sudah memiliki nama besar. Dengan tekad yang kuat, kami terus belajar dan mencari solusi terhadap setiap kendala yang dihadapi. Perjalanan kami tidak serta merta terbilang mulus, banyak tantangan yang kerap dihadapi. Salah satunya saat tahun pertama kelahiran Carl & Claire, di mana sebanyak 30 varian koleksi berhasil dipasarkan. Nyatanya dari sebanyak 30 variasi yang dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dan malah membuat sebagian besar pembeli merasa bingung dengan banyaknya variasi yang ditawarkan," ujar Nouva dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

"Belajar dari kegagalan tersebut, kini ragam koleksi Carl & Claire selalu hadir berdasarkan pemetaan konsep yang diklasifikasikan berlandaskan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat. Di mana sesuai dengan misi awal kami untuk membangun kepercayaan diri serta memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau," lanjutnya.

Mengawali Bisnis dari Offline Bazar

Di balik perjalanannya bisnis Carl & Claire, Nouva mengatakan awalnya ia berpartisipasi pada offline bazar di tahun 2019. Dari sinilah ia belajar banyak hal dan mengumpulkan berbagai informasi mulai dari serba serbi parfum dari kacamata konsumen hingga perkiraan stok yang terjual.

Selama bazar, stok parfum yang diperkirakan akan laku selama tujuh hari pameran, justru hanya berhasil terjual lima botol selama dua hari berlangsung. Ribuan botol yang telah disiapkan pun kenyataan hanya sukses terjual puluhan unit saja. Dari pengalaman ini, Nouva akhirnya belajar hal-hal yang menjadi pemicu kegagalan dan mencari formula penanganannya.

Selain bazar, Nouva juga belajar banyak hal dari situasi pandemi. Mengingat kondisi ini memaksanya untuk menyusun ulang strategi penjualan dan beradaptasi dengan cara baru. Lantaran adanya keterbatasan ruang gerak serta perubahan perilaku konsumen, Carl & Claire pun lebih fokus memanfaatkan ranah digital mulai dari pembuatan konten menarik hingga memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee untuk memperluas jangkauan serta memudahkan akses bagi konsumen.

Bergabung Shopee untuk Perluas Jangkauan Konsumen

Perkembangan bisnis belanja online membawa Nouva memulai berjualan dan bergabung bersama Shopee untuk memperluas jangkauan konsumen. Di tahun 2021, Carl & Claire pun bergabung di ShopeeMall guna memperkuat kredibilitas brand terhadap konsumen.

"Kami merasa sangat terbantu dan ingin mengucapkan terima kasih untuk Shopee. Khususnya di tengah situasi pandemi, dimana kami pelaku usaha dihadapkan oleh keterbatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat. Namun, Shopee tetap terus memberikan wadah dan semangat bagi para pelaku usaha melalui inovasi dan program demi menjaga keberlangsungan bisnis kami," ungkap Nouva.

Untuk memikat konsumen, Nouva juga memanfaatkan berbagai fitur serta program di Shopee yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan market, baik pembeli maupun penjual butuhkan. Beberapa di antaranya flash sale, kampanye angka kembar 9.9 hingga 12.12, serta Shopee Affiliate.

Carl & Claire Foto: Dok. Carl & Claire

Berkat upaya ini, hingga saat ini salah satu produk favorit Carl & Claire, Black Orchid Perfume terjual habis setiap mengikuti kampanye. Antusiasme pengguna juga terlihat dari produk terfavorit di aplikasi Shopee antara lain Rosie Collection, Delicate, Lady dan Travel Size 12 ml. Adapun produk-produk ini kerap menjadi wishlist product dari pengguna Shopee.

"Salah satu program yang sedang berlangsung adalah keikutsertaan kami pada kemeriahan kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day. Program ini menjadi momentum bagi kami para pelaku usaha guna meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Carl & Claire memiliki strategi dan persiapan khusus saat berpartisipasi dalam kampanye ini. Sebab ia melihat animo tinggi khususnya dalam menyambut festival belanja akhir tahun.

"Berbagai persiapan kami lakukan, mulai dari menjaga ketersediaan stok, promo-promo yang kami hadirkan hingga optimisasi pada iklan. Selain itu, kami juga memanfaatkan halaman analisa untuk mencari insight mengenai perilaku atau preferensi konsumen. Dengan mengetahui performa penjualan serta produk-produk favorit, Carl & Claire dapat menyusun strategi yang tak hanya menarik kunjungan ke tokonya tetapi juga efisien dan efektif dalam menjalankan kampanye ini," ungkap Nouva

Dalam waktu dekat, Nouva mengatakan pengguna Shopee dapat menikmati penawaran spesial dari Carl & Claire mulai dari diskon hingga 30%, Flash Sale, serta konten menarik melalui Shopee LIVE. Pada kemeriahan puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day pada 9 September mendatang, pengguna juga dapat menikmati ragam penawaran menarik mulai dari Gratis Ongkir RP0 Seharian, Main Shopee Lahap Dapat Mobil, hingga promo Belanja Gratis s/d 1JT.

Meski kini produknya telah laris di pasaran, Nouva berharap ke depan Carl & Claire dapat terus memajukan industri parfum lokal dan meningkatkan kepercayaan diri para konsumen lewat ragam varian yang dihadirkan.

"Ibarat nama itu adalah sebuah doa, Carl yang berarti strong atau longlasting, sedangkan Claire itu popular atau trending, sehingga begitu ke dua kata digabungkan, kami harap dapat membawa produk parfum yang tahan lama dengan aroma-aroma populer sesuai kebutuhan. Berbekal doa dan harapan tersebut lah yang menjadi keteguhan Carl & Claire untuk tangguh dalam menghadapi lika-liku perjalanan bisnis selama ini dan membuktikan bahwa kualitas parfum lokal juga memiliki standar dan potensi yang kuat," kata Nouva.

"Ke depannya, semoga Carl & Claire dapat terus memberikan dampak kepada para pengguna untuk dapat merasa lebih percaya diri melalui koleksi aroma parfum yang kami dihadirkan. Karena dengan lebih percaya diri, kami yakin dapat mengubah keadaan di sekitar kita untuk menjadi lebih baik dalam menggapai mimpinya," pungkasnya.

(akn/ega)