ADVERTISEMENT

Jenis-jenis Jerawat di Wajah dan Cara Mengatasinya dari Komedo Hingga Kistik

Tim Beautynesia - wolipop Selasa, 06 Sep 2022 17:30 WIB
Upset millennial girl touching pimple on her chin in front of mirror at home Ilustrasi wanita berjerawat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Sedang mengalami masalah jerawat? Agar tidak salah penanganan, yuk kenali jenis-jenis jerawat di wajah dan cara mengatasinya.

Jerawat bisa muncul kapanpun dan penyebabnya karena berbagai faktor. Mulai dari masalah hormonal, makeup, salah memilih skincare, polusi hingga lupa membersihkan wajah.

Jerawat sendiri ada berbagai jenis. Buat kamu yang kerap menemukan bintik hitam di wajah, bisa jadi itu adalah jerawat jenis komedo hitam. Ada juga jerawat yang bentuknya menonjol dan merah, dikenal sebagai jerawat papula.

Berikut selengkapnya jenis-jenis jerawat di wajah dan cara mengatasinya:

1. Jerawat Komedo (Pori Tersumbat)

Jerawat komedo merupakan jenis jerawat yang terjadi di wajah karena pori-pori di kulit tersumbat. Pori-pori tersumbat dapat terjadi karena minyak berlebih di wajah, polusi udara, bakteri, maupun perubahan hormon.

- Komedo Putih

Komedo putih kerap kali muncul pada usia remaja disebabkan oleh penyumbatan pori-pori. Ketika polusi dan bakteri hinggap di wajah dan tidak dibersihkan maka akan muncul bintik-bintik putih kecil di atas kulit wajah.

Untuk mengatasi komedo putih di wajah dapat melakukan perawatan menggunakan belerang, asam salisilat, maupun benzoil peroksida. Produk tersebut dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih.

- Komedo Hitam

Komedo hitam kerap muncul di sekitar hidung yang disebabkan oleh pori-pori terbuka. Sehingga, akan muncul titik-titik hitam dipermukaan kulit.

Perawatan untuk komedo hitam pun sama dengan komedo putih yaitu produk seperti belerang, asam salisilat, dan benzoil peroksida. Sementara itu, untuk komedo hitam disarankan agar menghindari penggunaan strip pori untuk menghilangkan komedo hitam diwajah karena dapat merusak lapisan kulit dan memperburuk komedo.

2. Jerawat Inflamasi

Penyumbatan, bakteri, dan sel-sel kulit mati adalah penyebab utama dari jerawat inflamasi. Jerawat inflamasi ditandai dengan benjolan berwarna merah di wajah dan bengkak. Jerawat satu ini cukup sulit dihilangkan dan terkadang menyakitkan saat disentuh.

-Papula

Jerawat papula dapat timbul di wajah karena minyak menyumbat pori-pori dan bercampur bakteri sehingga akan muncul jerawat. Bentuk dari papula berupa benjolan merah kecil, namun tidak mengandung nanah.

Apalagi jenis-jenis jerawat di wajah? Bagaimana dengan jerawat kistik? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Solusi Mengatasi Jerawat Membandel Akibat Penggunaan Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)