ADVERTISEMENT

Viral di TikTok Pakai Betadine untuk Mengatasi Jerawat, Amankah?

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 31 Agu 2022 15:00 WIB
Atasi jerawat pakai Betadine jadi viral Viral sembuhkan jerawat pakai Betadine. Foto: Dok. TikTok
Jakarta -

Seorang content creator membagikan tips kecantikan unik di TikTok untuk mengatasi jerawat. Influencer bernama Permesta Dhyaz itu menggunakan Betadine. Amankah untuk kulit?

"Betadine buat luka X. Betadine buat glowing √," tulisnya wanita dengan akun @permestadhyazz di TikToknya.

Dalam videonya, Dhyaz memulaskan Betadine di seluruh wajahnya. Dia mengaku bahwa sudah bertahun-tahun menggunakan perawatan dengan Betadine tersebut dan berhasil menyembuhkan jerawatnya.

"Dari 2 tahun yang lalu pake ini,jerawat ku full sembuh bener bener sembuh. mungkin yg lagi jerawatan bisa kebantu pake ini. ini dipakenya 15 detik sblm cuci muka," tulisnya di keterangan videonya.

Video tersebut jadi viral dan sudah ditonton lebih dari 7 juta kali. Banyak komentar yang menanyakan apakah Betadine yang digunakan Dhyaz aman untuk dipakai di wajah.

Dhyaz menjelaskan bahwa Betadine yang digunakan bukanlah obat untuk luka, melainkan produk sabun antiseptik.

"Buat yang nanya ini beneran aman? beneran dong. ini bukan betadine untuk obat luka ya. ini betadine khusus untuk 'skin cleanser' boleh ditanya dokter," tulisnya di kolom komentar.

Beberapa tahun lalu, sejumlah beauty influencer juga mengulas bahwa Betadine Skin Cleanser tersebut dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Andra Alodita hingga Lizzie Parra pernah mempopulerkan perawatan kecantikan unik tersebut pada 2018 silam.

Betadine mengandung larutan antiseptik non-iritasi yang bekerja dengan melepaskan yodium secara perlahan ke dalam kulit untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus yang menyebabkan infeksi dan luka. Seperti dikutip dari Popsugar, dermatologi Dr. Huiying Li menjelaskan bahwa kandungan Betadine dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan menyembuhkan bekas luka jerawat.



Simak Video "KuTips: Mengolah Sampah Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)