Kulitmu Sensitif? Hati-hati Pakai Skincare dengan 4 Kandungan Ini

Jihaan Khoirunnisa - wolipop Minggu, 03 Apr 2022 10:18 WIB
Ilustrasi Kulit Sensitif Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kaum wanita tentu mengerti betapa sulitnya memilih skincare yang cocok dan sesuai dengan keadaan kulit? Apalagi bagi kamu pemilik kulit sensitif.

Kamu tidak boleh sembarangan memakai produk skincare untuk kulit sensitif. Karena jika salah pilih, alhasil malah bisa memicu reaksi gatal, ruam, atau bahkan jerawat. Untuk itu, penting memperhatikan dengan seksama kandungan yang ada pada setiap produk perawatan wajah agar kulit tetap terjaga kesehatan serta kecantikannya.

Dilansir dari berbagai sumber, yuk pahami dulu 4 kandungan bahan aktif pada produk perawatan wajah yang harus dihindari pemilik kulit sensitif.

1. Alkohol

Salah satu kandungan skincare yang wajib dihindari yaitu alkohol. Hal ini karena alkohol tergolong bahan yang berat dan kuat, terutama untuk kulit sensitif, sehingga dapat memperburuk kondisi kulit wajah.

Apabila menggunakan alkohol, wajah menjadi terasa lebih kering. Selain itu, alkohol pada produk kecantikan seperti toner dan cleanser juga dapat mengiritasi kulit dari tingkat yang ringan hingga berat, tergantung seberapa keras kadar alkohol yang digunakan.

2. Fragrance atau Parfum

Fragrance alias parfum atau wewangian merupakan salah satu kandungan yang kerap ada pada skincare. Utamanya untuk menutupi aroma kurang sedap dari bahan lain, sekaligus memberikan efek menenangkan saat diaplikasikan.

Namun, kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakannya. Sebab produk kecantikan dengan tambahan parfum bisa menyebabkan kulit iritasi dan kemerahan. Jadi, pilihlah produk yang tidak mengandung wewangian.

3. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Sulfat banyak digunakan dalam produk seperti pasta gigi maupun tabir surya atau sunscreen. Kandungan ini terbentuk dari garam mineral yang mengandung sulfur.

Akan tetapi, sebagian orang masih mempertanyakan keamanan penggunaan sulfat sebagai bahan tambahan pada produk skincare. Sebab kandungan ini bisa merusak kulit sensitif dengan mudah, misalnya memicu iritasi atau gatal-gatal, serta membuat wajah menjadi lebih kering.

4. Essential Oil

Seorang ahli skincare asal San Fransisco Kristina Holey menyebut tidak semua minyak esensial baik untuk pemilik kulit sensitif. Hal ini karena beberapa minyak esensial memiliki unsur bergamot di dalamnya yang bisa menyebabkan kulit meradang.

Saat bergamot jika terkena sinar matahari maka akan berubah menjadi bahan kimia dan enzim yang dapat menyebabkan alergi akibat paparan sinar matahari. Oleh karena itu, hindari saja penggunaan skincare yang mengandung minyak esensial. Apalagi jika produk tersebut belum teruji keamanannya.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Karena masih banyak produk perawatan wajah lain yang bisa menjadi pilihan, yang tentunya aman bagi kulit wajah sensitif. Seperti Y.O.U Skin Energy Brighten Facial Serum. Serum ini memadukan bahan aktif dengan bahan alami dari tumbuhan sehingga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan fatigue skin.

Tidak hanya itu saja, produk serum dari brand yang mengusung filosofi 'Long-lasting Beauty' ini juga mengandung SymWhite 377 atau yang dikenal dengan Phenylethyl Resorcinol sebagai hero ingredients dan Mandarin Clear yang membuat kulit menjadi lebih halus dan cerah merata.

Ilustrasi Kulit SensitifFoto: Dok. Y.O.U Beauty

Selain itu, terdapat kandungan niacinamide yang membantu mengatasi masalah pigmentasi kulit. Tidak heran bila produk ini menjadi unggulan dari seluruh varian Skin Energy Facial Serum. Adapun Y.O.U Skin Energy Brighten Serum bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 74.000.

(akd/eny)