Kisah Pria yang Kesetrum Hingga Wajahnya Meleleh, Butuh Transplantasi Wajah

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 30 Mar 2022 09:39 WIB
Mitch Hunter Foto: dok. Instagram/@xmitch_hunterx
Indianapolis -

Seorang mantan tentara AS mengisahkan tentang tragedi yang dialaminya 21 tahun silam. Sejak kejadian mobilnya menabrak tiang listrik, hidup pria bernama Mitch Hunter itu berubah total.

Pada 2001, Mitch Hunter mengalami kecelakaan mobil yang ditumpanginya dan menabrak tiang listrik berkekuatan 10 ribu volt. Pada kejadian tersebut, dia menolong kekasihnya kala itu dengan mendorongnya keluar.

Setelah menyelamatkan kekasihnya dari bahaya, arus listrik terus menyengat seluruh tubuhnya, terutama di bagian wajahnya, selama lima menit. Pria yang kini berusia 42 tahun itu mengalami luka bakar yang parah.

Wajah Meleleh

Dia menghabiskan dua bulan di rumah sakit dan menjalani 67 operasi rekonstruksi wajah. Insiden tersebut membuat wajahnya meleleh, bahkan sudah tidak berbentuk lagi. Kaki kanannya pun terpaksa diamputasi karena luka bakar.

Satu dekade setelah kejadian tersebut, Mitch menjalani transplantasi wajah. Hunter menjadi orang kedua di Amerika yang pada tahun 2011 menjalani transplantasi wajah.

Mitch HunterMitch Hunter Foto: dok. Instagram/@xmitch_hunterx

Mitch menerima transplantasi wajah dari seorang pria yang telah meninggal. Dia mengaku bahwa menjalani operasi cangkok wajah tersebut adalah keputusan terbaik.

"Memiliki transplantasi adalah keputusan terbaik dalam hidupku, dan itu telah membantuku melupakan kecelakaan itu dan akhirnya bisa melanjutkan hidup," ungkap Mitch, seperti dikutip dari Daily Mail.

Transplantasi Wajah untuk Anak-anaknya

Pada saat itu dia hanya berpikir tentang jika suatu hari nanti memiliki anak, dia tidak ingin buah hatinya menjadi bahan perundungan karena cacat tubuhnya. Kini, Mitch telah memiliki tiga anak, dan dia sangat bersyukur telah melakukan transplantasi wajah.

"Aku membuat keputusan untuk anak-anakku karena aku tidak ingin menjadi alasan mereka diintimidasi atau diasingkan di sekolah," ucap pria yang kini memiliki tiga anak itu.

Mitch mengenang momen saat dia pertama kali melihat wajahnya. Menurutnya wajahnya sudah tidak dapat dikenali. Kala itu dia sudah tidak memiliki alis, hidungnya pun 'hilang' dari fitur wajahnya.

Mitch HunterMitch Hunter setelah transplantasi wajah Foto: dok. Instagram/@xmitch_hunterx

"Aku tidak dapat menggambarkan perasaan yang aku miliki ketika melihat diriku seperti itu, tidak terasa nyata, tapi aku tidak dapat dikenali," kenangnya.

"Aku tidak percaya betapa drastisnya hidupku setelah berubah dalam hitungan menit," tambahnya.

20 Cangkok Kulit

Setelah kejadian tersebut, Mitch sempat koma. Dia akhirnya bangun setelah 27 hari dari kecelakaan tersebut tanpa mengingat tentang tragedi yang telah dialaminya.

Dia membutuhkan 20 cangkok kulit yang diambil dari kaki dan punggungnya untuk diletakkan di wajah dan lehernya yang telah meleleh. Dia pun menerima cangkok wajah full. Proses tersebut memakan waktu 14 jam dengan 30 dokter yang melakukan operasi plastik

Dia membutuhkan operasi mikrovaskular untuk menghubungkan dua arteri utama ke wajah baru, yang memungkinkan jantungnya untuk mulai memasok darah. Wajah baru Hunter diambil seluruhnya dari donor organ, termasuk kulit, jaringan lunak, dan tulang rawan dari hidung, janggut, dan alis.

(kik/kik)