Viral Minyak Kayu Putih Bisa Mencerahkan Ketiak, Dokter Ungkap Bahayanya

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 20 Jan 2022 13:45 WIB
Gorgeous, young, blue-eyed woman  is touching the clean, soft skin of own armpit. Pure womans beauty. Facial and skin treatment, cosmetology, beauty technologies and armpit epilation. Ilustrasi ketiak wanita. Foto: iStock
Jakarta -

Ketiak gelap menjadi permasalahan kecantikan yang banyak dialami oleh wanita. Berbagai DIY untuk mencerahkan ketiak pun banyak ditemukan di media sosial. Salah satunya adalah dengan membalurkan minyak kayu putih di area ketiak yang mitosnya bisa mencerahkan.

Salah satu beauty vlogger pun telah mencoba menggunakan minyak kayu putih di area ketiaknya. Sang influencer mengaku bahwa dia mengikuti tren yang ada di TikTok. Beauty vlogger lokal itu mengaku ada sedikit perubahan di area ketiaknya setelah menggunakan minyak kayu putih di ketiaknya selama tujuh hari.

Meski begitu, di awal video ia telah menerangkan bahwa perawatan DIY dengan minyak kayu putih itu cocok-cocokan. Dia menerangkan efeknya bisa berbeda-beda setiap orang.

Dari segi medis, menggunakan minyak kayu putih di kulit ketiak bisa berbahaya. DIY kecantikan yang viral ini tidak disarankan untuk dicoba. Pun tidak ada penelitian kesehatan yang membuktikan manfaat minyak kayu putih untuk mencerahkan.

papaya slice on woodIlustrasi ketiak hitam Foto: iStock

"Daun kayu putih ini mengandung senyawa kimia, antara lain sineol, melaleucin, minyak astiri yang terdiri dari terpineol, cineol, dan lignin. Untuk fungsinya sebagai pencerah di ketiak, sampai dengan saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan hal tersebut," ungkap pakar kecantikan dari Miracle Clinic, dr. Renny Rosalita Dipl. A3M.

Minyak Kayu Putih Bisa Bikin Iritasi Kulit Ketiak

Dr. Renny menjelaskan bahwa ketiak merupakan area kulit yang lebih tipis dari area lainnya. Karena area lipatan, maka lebih sering lembab dan sangat mudah teriritasi. Jika terkena dengan bahan minyak kayu putih maka area ketiak bisa memicu iritasi yang parah.

"Minyak kayu putih sendiri dapat menyebabkan iritasi dan sensasi terbakar. Bahkan mungkin saja terjadi dermatitis kontak iritan yaitu suatu kondisi peradangan kulit akibat iritasi dari bahan minyak kayu putih tersebut," ungkap dr. Renny.

Minyak Kayu Putih Bisa Bikin Kulit Ketiak Semakin Gelap

Ditambahkan dr. Renny, bahwa ketika kulit sudah teriritasi maka bisa timbul efek samping lainnya yakni kulit ketiak yang justru bisa lebih menghitam. Belum lagi efek samping lainnya yang memperparah keadaan kulit.

"Warna kulit ketiak bisa menjadi lebih hitam. Atau dapat terjadi dermatitis kontak iritan yang berupa kemerahan, bersisik, rasa panas. Pada kulit yang mudah alergi, sangat disarankan untuk mengoleskan minyak kayu putih di area tangan dahulu dan dibiarkan beberapa saat. Jika terjadi reaksi gatal, merah, panas, segera bilas dengan air. Untuk kondisi kulit yang terjadi alergi akibat pengolesan minyak kayu putih tersebut, maka penggunaan minyak kayu putih di ketiak tidak boleh dilakukan karena dapat menyebabkan suatu kondisi yang disebut dermatitis kontak alergi," jelas dr. Renny.

Daripada menggunakan DIY yang menyesatkan, lebih baik beralih ke produk yang memang dikhususkan untuk perawatan ketiak. Meski begitu, harus tetap mengetahui kandungan bahannya dan sudah terdapat izin BPOM.

"Untuk krim-krim yang dapat mencerahkan area ketiak, syarat pertama harus menggunakan produk yang sudah terdapat ijin BPOM. Syarat kedua adalah tidak mengandung bahan-bahan yang bersifat iritatif, seperti alkohol atau minyak kayu putih yang dapat menyebabkan iritasi pada area lipatan yang jauh lebih rentan daripada area lain," saran dr. Renny.



Simak Video "Wanita Telanjang Dada Terobos Karpet Merah Festival Film Cannes"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)