Kontroversi Iklan Body Shop, Angkat Isu Masturbasi yang Dianggap Tabu

Pool - wolipop Jumat, 06 Agu 2021 08:48 WIB
DOHA, QATAR - OCTOBER 24: Two men wearing traditional local clothes walk past a Body Shop store in the City Center shopping mall in West Bay district on October 24, 2010 in Doha, Qatar. The International Monetary Fund (IMF) recently reiterated its projection for the Qatari economy with predictions of double digit growth for 2010 and 2011. Though natural gas and petroleum production are still the biggest two single sources of income, the non-energy sector overtook oil and gas in Qatari GDP for 2009. Qatar is heavily dependant on foreign labour from countries such as India, Sri Lanka, Bangladesh, the Phillipines and other Arab countries. Foreigners make up approximately two thirds of the Qatari population.  (Photo by Sean Gallup/Getty Images) Salah satu toko the Body Shop di London, Inggris (Foto: Getty Images/Scott Barbour)
London -

Merek produk kecantikan dan perawatan kulit the Body Shop terkenal dengan iklan dan kampanyenya yang vokal menyuarakan cinta lingkungan dan emansipasi wanita. Namun, sebuah iklan teranyar dari brand asal Inggris tersebut menjadi kontroversi lantaran menampilkan perempuan yang sedang masturbasi.

Iklan bertajuk 'Self Love Street' tersebut muncul di sela program reality show 'Love Island' yang tayang di sebuah stasiun TV Inggris. Dilansir dari Daily Mail, Kamis (5/6/2021), terdapat tiga tokoh di iklan itu. Salah satunya bernama Fran, seorang jomblo yang sedang mencari jodoh di aplikasi kencan.

Gagal menemukan teman kencan, Fran terlihat kecewa. Namun di penghujung iklan, ia tiba-tiba terlihat bersemangat sebelum akhirnya menyalakan lilin, menutup tirai jendela lalu berbaring dan melakukan masturbasi.

Penonton pun terkejut karena tak menyangka bakal melihat aksi masturbasi di iklan the Body Shop. Banyak pula yang mengkritik iklan tersebut

"Tunggu dulu, apakah itu iklan The Body Shop? Ide siapakah itu menampilkan perempuan sedang bersenang-senang dengan alat kelaminnya? Apakah itu perlu?" tulis seorang netizen di Twitter.


Ada pula yang berkomentar, "Iklan Body Shop itu bukan untuk tontonan anak di bawah 13 tahun."

"Apakah iklan baru Body Shop mempromosikan masturbasi atau ...? Oke. Ini agak riskan," kata lainnya.


Seorang juru bicara the Body Shop mengatakan, iklan tersebut merupakan bagian dari kampanye Self Love Uprising untuk mengajak orang-orang lebih mencintai diri dan memahami itu bisa menjadi kekuatan yang besar.

"Sejak lama perempuan dianggap tabu dan memalukan bila melakukan masturbasi dan kami berharap iklan ini dapat menormalisasikannya. Iklan ini punya misi besar. Self Love Uprising adalah tentang penerimaan diri dan membangun rasa percaya diri," katanya.



Simak Video "Isi Permintaan Maaf Rihanna soal Kontroversi Hadis Islam"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)