Disney Dikritik, Ciptakan Karakter Dengan Standar Kecantikan Tak Realistis

Vina Oktiani - wolipop Senin, 11 Jan 2021 10:01 WIB
Karakter Kate yang dikritik warganet. Foto: Disney
Jakarta -

Film Disney mendapat banyak kritikan setelah dinilai turut serta mempromosikan standar kecantikan tak realistis kepada anak-anak. Para penonton telah mengkritik salah satu film kartun ciptan Disney itu selama hampir lima tahun setelah pertama kali dirilis ke publik.

Seperti dikutip dari Daily Star, film kartun berjudul Inner Workings yang dirilis pada tahun 2016 itu dianggap tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak. Hal itu dikarenakan salah satu karakternya mencerminkan standar kecantikan tak realistis.

Film Inner Workings tersebut menceritakan kisah seorang pria bernama Paul yang ingin meninggalkan kehidupan biasanya dan bersenang-senang. Pria tersebut jatuh hati dengan seorang wanita bernama Kate.

Karakter Kate digambarkan dengan seorang wanita yang memiliki pinggang kecil dan bokong yang sangat besar. Walaupun telah dirilis dari lima tahun yang lalu, foto-foto karakter Kate hingga kini masih banyak dibagikan dan diperbincangkan di internet karena dianggap salah.

Karakter Kate yang dikritik warganet.Karakter Kate yang dikritik warganet. Foto: Disney

Gambar-gambar dari karakter dalam film berdurasi enam menit itu awalnya dibagikan di Glinch. Dalam unggahan tersebut salah seorang penggemar terlihat memberikan kritikannya.

"Tidak ada hal di dunia [Disney] yang perlu melakukan ini," tulisnya.

Komentar tersebut kemudian menarik perhatian netizen lain untuk turut serta berkomentar. Tak sedikit penggemar Disney yang marah dan kesal melihat karakter Kate ciptaan Disney itu.

"Aku tahu itu hanyalah sebuah kartun, tapi demi cinta Tuhan.. mereka perlu menambahkan perut gadis itu," komentar salah seorang netizen.

"Apa sih sebenarnya desain karakter ini?" tambah komentar lain.

"Anak-anak akan khawatir tentang bentuk tubuh, apakah mereka tahu itu adalah film Disney??? Setengah dari karakternya tidak realistis," komentar netizen lain.

"Lucu bagaimana Disney di masa lalu membuat proporsi realistis dari para putri dan pangeran - tidak ada mata besar, tidak ada pinggang yang ekstrim, semuanya jauh lebih bagus ketika terlihat normal," komentar lainnya.

(vio/vio)