Urutan Pemakaian Skicare yang Benar dan Mudah Bagi Pemula

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 12 Nov 2020 18:33 WIB
Beauty. Beautiful woman in spa Ilustrasi Pakai Skincare / Foto: iStock
Jakarta -

Urutan pemakaian skincare yang tepat dapat membuat produk yang kamu gunakan bisa bekerja maksimal di kulit. Sayangnya tidak semua orang paham mengenai urutan skincare yang tepat, terutama bagi para pemula. Salah-salah mengurutkan produk skincare, bisa-bisa rutinitas skincare yang kamu lakukan menjadi tidak efektif. Kalau bagitu jadi sayang banget kan? Apalagi kalau kamu sudah membeli produk-produk skincare dengan harga yang mahal.

Agar produk skincare yang digunakan bisa diserap maksimal oleh kulit, maka kamu perlu mengetahui urutan pemakaian skincare yang benar. Sebenarnya kamu tidak perlu terlalu berlebihan dalam menggunakan memilih dan menggunakan produk skincare. Terutama bagi pemula, terlalu banyak produk justru dapat membuatmu menjadi bingung. Agar tidak bingung, berikut ini beberapa urutan pemakaian skincare yang benar dan mudah bagi pemula.

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari

1. Produk Pembersih Wajah

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memulai rutinitas skincare pagi harimu adalah dengan membersihkan wajah. Karena kamu tidak menggunakan makeup saat tidur, jadi kamu bisa langsung mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu. Namun jika kamu merasa kurang dan ingin lebih ekstra maka kamu bisa melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water terlebih dahulu baru kemudian produk pencuci wajah.

2. Toner

Setelah mencuci dan membersihkan wajah, tahap kedua adalah dengan menggunakan toner. Toner dapat membantu menyeimbangkan kembali pH kulit wajahmu setelah menggunakan produk pembersih wajah. Jika dulunya toner justru dikenal dapat membuat wajah menjadi kering karena kandungan alkoholnya yang tinggi, kini anggapan tersebut telah terpatahkan. Saat ini tidak sedikit toner yang dapat berfungsi untuk melembapkan kulit dan membuat kulit menjadi lebih siap untuk menggunakan rangkaian skincare yang selanjutnya.

3. Serum

Selanjutnya kamu bisa menggunakan serum. Serum memiliki konsentrasi zat aktif yang cukup tinggi sehingga dapat terserap ke dalam kulit lebih maksimal dibandingkan pelembap atau krim wajah. Kamu bisa menggunakan serum dengan cara menuangkannya sebanyak dua hingga tiga tetes ke telapak tangan, lalu gosokkan kedua tangan dan aplikasikan ke wajah. Pastikan juga serum yang kamu pilih sesuai dengan masalah kulit yang kamu alami.

4. Moisturizer atau Pelembap

Untuk mengunci dan mempertahankan kelembapan kulit, kamu juga perlu menggunakan moisturizer atau pelembap setelah serum. Tidak hanya pemilik kulit kering, pemilik kulit berminyak juga perlu menggunakan produk yang satu ini. Hanya saja untuk pemilik kulit berminyak lebih disarankan untuk mencari pelembap yang berbentuk gel. Sedangkan pemilik kulit kering bisa menggunakan pelembap berbentuk krim yang menawarkan kelembapan ekstra untuk kulit wajahmu.

5. Sunscreen

Urutan pemakaian skincare di pagi hari diakhiri dengan pengaplikasian sunscreen atau tabir surya. Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare yang wajib kamu gunakan di pagi hari. Pilihlah sunscreen atau tabir surya yang setidaknya mengandung SPF 15 dan bisa memberi perlindungan dari sinar UVA/UVB.

Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari

1. Makeup Remover

Setelah beraktivitas seharian kulitmu pasti menjadi kotor. Untuk membersihkan polusi, debu, minyak dan kotoran di wajah, kamu perlu melakukan teknik double cleansing. Pertama-tama bersihkan wajah dengan menggunakan makeup remover seperti micellar water. Untuk menghapus makeup waterproof, kamu bisa mencoba menggunakan makeup remover berbahan dasar minyak.

2. Produk Pembersih Wajah

Agar wajah bersih maksimal, kamu bisa melanjutkan tahap pembersihan dengan menggunakan produk pembersih wajah. Pilih sabun wajah yang sesuai dengan jenis dan masalah kulitmu.

3. Produk Eksfoliasi

Agar sel-sel kulit mati di wajah tidak menumpuk dan menyebabkan wajah kusam hingga jerawat, maka kamu bisa menggunakan produk skincare yang berfungsi untuk eksfoliasi. Namun perlu diingat bahwa penggunaan produk eksfoliasi ini tidak disarankan untuk dipakai setiap hari, melainkan hanya satu sampai dua kali seminggu saja.

4. Toner

Sama seperti urutan pemakaian skincare di pagi hari, setelah memastikan wajah sudah bersih, langkah selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan toner. Agar kulitmu tidak kehilangan kelembapan sepanjang malam, kamu bisa memilih toner yang dapat berfungsi untuk melembapkan.

5. Serum

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan serum. Serum dapat membantu memperbaiki masalah dan tekstur kulitmu. Tak hanya itu saja, serum juga berfungsi untuk melembapkan wajah selama kamu tidur di malam hari.

6. Krim Mata atau Eye Cream

Krim mata atau eye cream dapat membantu menyelesaikan persoalan mata panda atau kerutan-kerutan halus pada bagian matamu. Kamu bisa memilih krim mata yang memiliki konsentrasi tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Gunakan krim mata tersebut secara lembut ke area bawah matamu.

7. Krim Malam atau Sleeping Mask

Langkah terakhir dari urutan pemakaian skincare di malam hari adalah dengan menggunakan krim malam atau sleeping mask. Biasanya krim malam atau sleeping mask memiliki fungsi yang lebih khusus dibandingkan pelembap biasa. Setelah bangun di pagi hari kamu akan merasakan kulit yang lebih halus dan kenyal.

Demikianlah urutan pemakaian skincare yang benar dan mudah bagi pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(vio/vio)