4 Tips Pakai Face Oil, Jangan Sampai Salah

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 27 Nov 2020 10:37 WIB
Ilustrasi wanita memakai face oil Foto: iStock
Jakarta -

Face oil menjadi salah satu skincare yang bisa diandalkan untuk mendapatkan kulit flawless. Face oil memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit karena mengandung nutrisi penting dan umumnya sangat minim tambahan bahan sintetis maupun kimia.

Meski begitu masih banyak yang ragu untuk menambahkan face oil di rutinitas skincare. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu tips pakai face oil agar produk bekerja optimal di kulitmu, seperti dikutip dari Female Daily.

1. Jangan Gunakan Face Oil di Wajah yang Kering


Sebaiknya, kamu menggunakan face oil pada wajah yang masih basah atau terasa lembap. Kamu bisa menyemprotkan face mist atau rose water terlebih dulu sebelum face oil, untuk membuat face oil lebih mudah meresap. Pada kulit yang kering, face oil akan lebih lama meresap dan terasa berminyak.

2. Memijat Wajah


Kesalahan memakai face oil yang sering ditemui adalah kamu memakainya terburu-buru, sehingga nggak meresap dengan maksimal. Kelebihan memakai face oil adalah kamu bisa memijat-mijat kulit wajah dan lehermu, membuat kulit lebih rileks dan plumpy. Jadi, sebaiknya luangkan waktu yang cukup ketika memakai face oil. Face roller dan face oil juga pasangan serasi, lho! Jadi kamu bisa memanfaatkan bantuan face roller biar face oil meresap lebih baik.

3. Pilih Face Oil Sesuai dengan Jenis Kulit


Sama saja dengan kandungan skincare lainnya, nggak semua oil cocok untuk semua jenis kulit. Jadi, penting untuk lebih teliti terhadap kandungan face oil yang ingin kamu beli. Kalau kamu memilih kandungan oil yang tepat, kinerja face oil yang kamu pakai juga akan terlihat. Nggak bikin jerawat dan komedo, juga akan terasa nyaman di kulitmu.

Grapeseed oil dan jojoba oil baik untuk kulit berminyak. Tea tree oil, rosehip oil, pomegranate oil, dan bakuchiol oil cocok untuk kulit berjerawat. Marula oil, coconut oil, olive oil, almond oil bagus untuk pemilik kulit kering. Argan oil tepat untuk merawat kulit normal. Sementara kulit sensitif bisa memilih moringa oil dan aloe vera oil.

4. Hindari Pakai Skincare Terlalu Banyak Ketika Pakai Face Oil


Face oil punya tekstur yang sudah cukup berat, jadi sebaiknya kamu nggak layering skincare terlalu banyak, kecuali kulitmu memang sangat kering. Kalau kulitmu berminyak atau acne-prone, kamu bisa mengaplikasikan face oil setelah toner dan serum. Itu sudah cukup. Kalau kamu mau tetap pakai moisturizer, pilih yang teksturnya nggak terlalu thick. Kasihan kulitmu kalau kamu menumpuk skincare terlalu banyak hanya karena kamu nggak sabar mau pakai semua yang kamu punya. Selain rasanya juga jadi lengket, kulitmu bisa 'marah', kemudian berkomedo dan berjerawat. Nggak mau, kan?

Face oil bisa dipakai sebelum moisturizer (kalau teksturnya lebih ringan dibanding moisturizer-mu), bisa juga diaplikasikan setelah moisturizer (kalau face oil-nya lebih berat dan moisturizer-mu lebih lightweight). Jadi, tinggal kamu sesuaikan dengan produk-produk skincare lainnya yang kamu miliki.

(kik/kik)