Bisnis Lipstik Artis

Bisnis Lipstik Laris, Ussy Sulistiawaty Andalkan Promosi dari Mulut ke Mulut

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 13 Okt 2019 15:12 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram

Jakarta - Artis Ussy Sulistyawati termasuk salah satu selebriti yang sudah cukup lama terjun ke bisnis kosmetik lokal, khususnya lipstik, melalui label Dissy. Ussy mendirikan merek Dissy sejak 2012, setelah menikah dengan Andhika Pratama.

Dissy sendiri awalnya hanya memproduksi sabun mandi dan lotion. Setelah mulai penjualan melalui Instagram, Ussy dan Andhika terpikir untuk mengembangkan lipstik karena pada saat itu belum banyak makeup lokal yang merilis pemulas bibir tersebut.


"Pas sabun itu keluar aku langsung develop lagi lipstik. Lipstik ini pun bukannya tiba-tiba punya warna, memang dasarnya brand yang aku suka pakai dan aku bawa ke pabrik dan dilihat kandungannya di labnya. Lipstik yang aku keluarin itu adalah lipstik yang warnanya biasa aku pakai," kisah Ussy saat diwawancara Wolipop melalui telepon baru-baru ini.

Lipstik pertama yang dirilis Ussy adalah jenis lip matte. Setelahnya dia merilis berbagai jenis produk lipstik lainnya seperti butter lips, velvet lipstick, lip tint dan lipgloss.

[Gambas:Instagram]

Ussy mengaku penjualan produk kosmetiknya termasuk lipstik ini cukup bagus. "Bagus pokoknya. Banyak lah terjual," katanya enggan merinci berapa banyak omset bisnis kosmetiknya.

Ussy yang memulai kariernya dari ajang Abang None Jakarta Utara 199 ini mengaku terlibat penuh dalam pembuatan lipatik Dissy. Dia mencoba langsung formula lipstik sebelum dijual ke pasaran. Dan sampai saat ini Ussy memakai produknya sendiri untuk beraktifitas sehari-hari.

"Iya dong aku semua yang menentukan formula lipstiknya. Apakah dipakainya kering dan lain-lain. Karena aku sendiri juga memakai produknya. Jadi aku tau kekurangan brand aku ini apa, kelebihannya apa," ucap artis yang kini sibuk membuat konten YouTube bersama suaminya, Andhika.

Jika ditanya soal keunggulan dari produk lipstiknya, Ussy mengatakan pada dasarnya sebagian besar lipstik lokal termasuk Dissy, memiliki kualitas baik. Hanya saja memang setiap produk memiliki kelebihan masing-masing.

"Ada menang di warnanya bagus, tapi pas dipakai bisa bibir kering dan menggumpal. Aku nggak mau ya bilang ya kelebihannya Disay, mungkin orang lain juga banyak yang lebih dari aku. Cuma yang Dissy velvet itu kan velvet semi matte. Kalau matte itu kan sampai kering banget. Tapi lipstik aku nggak, tetep moist, pigmented, dan harganya juga ada beberapa temen-temen lain jauh di atas aku. Tapi aku stabil aja yang penting kualitasnya juga bagus. Keuntungannya nggak terlalu banyak yang penting orang repeat order," jelas Ussy.


Ussy yang menjual produk lipstiknya mulai dari Rp 70 ribu hingga Rp 101 ribu itu tak memiliki strategi khusus dalam menjual pemulas bibirnya. Dia hanya memakainya sendiri lipstik-lipstiknya kemudian mengunggahnya ke Instagram dengan memberikan keterangan produk jenis apa yang dipakainya. Dengan cara itu, menurut Ussy, konsumen atau calon pembeli bisa lebih percaya dan tertarik membeli.

Artis 38 tahun itu tidak menggunakan influencer untuk membantu mempromosikan produknya. Dia lebih memilih menggunakan testimoni langsung dari konsumen untuk membuat orang lain tertarik membeli lipstiknya.

"Kalah orang tahunya dari mulut ke mulut kan kepuasanya sudah beda lagi dan memang langsung jujur kualitasnya seperti apa. Aku lebih milih dari mulut ke mulut aja dan memang yang aku pakai sendiri," pungkas Ussy.

Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)