Ngeri! Wanita Ini Sedot Produk Tanning Lewat Hidung Demi Punya Kulit Gelap

Hestianingsih - wolipop Jumat, 05 Jul 2019 15:39 WIB
Ilustrasi wanita tanning di bawah sinar matahari. Foto: iStock Ilustrasi wanita tanning di bawah sinar matahari. Foto: iStock

Jakarta - Penggelapan kulit biasanya dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari, pakai losion tanning atau perawatan menggunakan tanning bed. Tapi cara wanita satu ini berbeda. Alih-alih tiga cara di atas, ia menggelapkan kulit dengan menghirupnya.

Jamie McBride yang terobsesi memiliki kulit kecokelatan menggunakan alat semprot hidung atau nasal spray berisi produk penggelap kulit yang diklaim bisa mengubah warna kulit dari dalam. Wanita 28 tahun ini pun mengaku kulitnya benar-benar menjadi gelap setelah menghirup produk tersebut.

Ia memilih menggunakan nasal spray karena takut jarum suntik. Injeksi penggelap kulit memang menjadi salah satu metode terbaru dalam perawatan tanning kulit, dan Jamie mengaku terlalu takut jika ia harus disuntik demi mendapatkan kulit yang lebih cokelat.


Namun menyemprotkan penggelap kulit langsung ke lubang hidung bukannya tanpa risiko. Seperti dilansir Metro, tanning dengan nasal spray sudah dilarang penggunaannya di Inggris. Produk tersebut juga tidak mendapatkan lisensi keamanan produk dari badan pengawas obat dan makanan di sana.
Ngeri! Wanita Ini Sedot Produk Tanning Lewat Hidung Demi Punya Kulit GelapJamie McBride. Foto: istimewa

Meski begitu, Jamie tetap nekat mencobanya. Ia mengaku tidak merasakan efek samping apapun dan melihat ada perubahan pada kulitnya. Jamie mendapati kulitnya jadi lebih cokelat dan berkilau setelah menggunakan produk tersebut.

"Aku tahu produk ini dari teman-teman yang telah mencobanya. Mereka merekomendasikan ini, karena tahu kalau aku tidak suka jarum dan tidak akan pernah mau disuntik," tutur wanita yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga ini.

Awalnya Jamie memang sempat ragu dan takut. Tapi teman-temannya meyakinkan kalau hasilnya benar-benar terlihat dan mereka mengklaim cara tanning dengan semprot hidung ini aman.

"Aku merasa lebih cantik dan berkilau dengan kulit yang gelap, tapi tidak suka kalau tanning-nya terlihat palsu. Jika prosedurnya salah, warna kulit jadi belang-belang. Dengan hasil tanning yang bagus, aku akan selalu merasa lebih baik. Menurutku semua orang setuju dengan itu," ujar Jamie.


Obsesi memiliki kulit gelap memang sudah lama diinginkan Jamie. Sebelum menemukan produk tanning nasal spray, ia rutin perawatan dengan tanning bed atau sunbed di salon kecantikan dua kali, bahkan sampai empat kali seminggu. Kini Jamie hanya perlu tanning sekali seminggu karena sudah dibantu dengan nasal spray di rumah.

Produk tersebut diklaim berfungsi selayaknya pil-pil tanning yang dijual secara online. Nasal spray tanning disebutkan mengandung senyawa kimia yang bisa mendorong produksi melanin, menjadikan kulit lebih gelap.

"Aku pakai satu semprotan untuk setiap lubang hidung sekali sehari selama beberapa hari agar (melaninnya) terbentuk di sistem tubuhku. Tapi kalau aku perawatan sunbed juga, aku menggunakannya dua kali sehari. Sekali saat pagi dan sekali sebelum tidur," jelasnya.
Ngeri! Wanita Ini Sedot Produk Tanning Lewat Hidung Demi Punya Kulit GelapFoto: istimewa

Produk tanning dalam bentuk semprotan hidung ini dijual bebas di online shop. Per botolnya dibanderol dengan harga 20 Poundsterling atau sekitar Rp 355 ribu.

Departemen pengawasan obat dan produk kesehatan (MHRA) di Inggris telah mengeluarkan peringatan tentang risiko penggunaan produk mengandung melanotan melalui suntik maupun semprotan hidung. Juru bicara departemen tersebut menyatakan bahwa melanotan belum mendapatkan lisensi.

"Maka dari itu kualitas dan keamanannya belum teruji; tidak ada informasi yang menyebutkan di mana dan bagaimana produk itu dibuat maupun kandungannya," katanya.


Dia melanjutkan, "Kami tidak menyarankan untuk menggunakannya dan jika kamu sudah memakainya lalu mengalami efek samping, konsultasi dengan dokter dan laporkan pada kami."

Memasukkan sesuatu yang belum berlisensi ke dalam tubuh bisa berisiko pada kesehatan. Bahkan berpotensi menyebabkan efek samping yang serius dan jangka panjang.

Simak Video "Kisah Bule Cantik Kecanduan Tanning, Kulitnya Jadi Hitam Legam"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)