Kisah Inspiratif Ratu Kecantikan yang Dulunya Mantan Pengungsi Perang

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 23 Apr 2019 18:47 WIB
Foto: dok. Instagram Foto: dok. Instagram

Manchester - Fatime Gashi merupakan gadis muslim berprestasi dan menginspirasi. Tak hanya memenangkan kontes kecantikan Miss Manchester pada 2018 silam. Mantan pengungsi itu pun mendapatkan gelar ilmu biomedis. Wanita yang baru lulus kedokteran itu pun ingin menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi banyak orang.

Fatime kini bekerja di Skin HQ, klinik kecantiak di Manchester. Wanita 21 tahun itu berencana untuk kembali ke universitas untuk kuliah lagi dan mendapatkan gelar PhD untuk penyakit kulit.


Cita-cita Mantan Pengungsi yang Jadi Ratu Kecantikan: Ingin Ciptakan Obat EksimFoto: Instagram @fatsks


Cita-cita Fatime adalah untuk menemukan obat untuk eksim dan psoriasis. Kecerdasannya membuat Fatime disebut sebagai ratu kecantikan modern. Tak hanya cantik, namun juga cerdas, pun ia memiliki masa lalu yang menginspirasi.

Lahir di Kosovo, negara perang membuat Fatime Gashi pernah merasakan jadi pengungsi. Di tahun 1999, saat usianya masih dua tahun dia dibawa pergi dari Kosovo bersama keluarganya dan menjadi pengungsi di Manchester, Inggris.

"Mungkin banyak orang merasa terhina jika disebut pengungsi, tapi bagiku aku percaya bahwa itu menunjukkan sebaliknya. Pengalaman tersebut menunjukkan bahwa kamu kuat dan berani. Tidak gampang untuk keluar dari rumahmu," ucapnya, Manchester Evening.

Kemenangannya sebagai Miss Manchester membuat orangtuanya bangga. Sang ayah langsung mengingat bagaimana sulitnya masa kecil Fatime saat di Kosovo dan pernah menjadi gadis cilik yang mengungsi.

"Ayahku menangis saat aku menang, dia sangat emosional. Karena ketika kamu datang dari negara seperti Kosovo, itu tidak ada apa-apanya di Inggris, ini sangat berarti baginya. Aku tahu orangtuaku sangat bangga denganku," pungkas wanita yang kini jadi duta pengungsi itu.

(kik/kik)