Waspada! 6 Bagian Tubuh yang Paling Cepat Menunjukkan Tanda Penuaan

Nada Saffana - wolipop Sabtu, 02 Mar 2019 15:18 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Tanda penuaan akan terlihat seiring bertambahnya usia. Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa tanda penuaan bisa diperhatikan memalui 9 bagian tubuh ini, apa saja?

Tanda penuaan akan terlihat seiring bertambahnya usia. Namun ada beberapa bagian tubuh yang menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat dibandingkan area lain.

Maka dari itu ketika melakukan perawatan, sebaiknya tak hanya fokus di daerah kulit wajah saja. Ini enam bagian tubuh yang paling cepat menunjukkan penuaan, dan bagaimana mengatasinya agar Anda terlihat muda lebih lama.

1. Tangan
Foto: Thinkstock

Banyak wanita sering kali mengabaikan perawatan tangan. Padahal menurut dokter kulit Kally Papantoniou, MD, FAAD, tangan menjadi bagian tubuh yang pertama kali menunjukkan tanda penuaan.

Perubahan hormon menghasilkan hilangnya elastisitas kulit dan punggung tangan menjadi kehilangan volumenya sehingga tampilan pembuluh vena semakin menonjol. Ditambah lagi, tangan adalah bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari sehingga bisa muncul bintik-bintik hitam dan keriput lebih cepat.

Maka dari itu disarankan rajin-rajinlah merawat punggung tangan. Ivy Lee MD, seorang ahli dermatologi dari Pasadena, California, mengatakan penting untuk mengoleskan tabir surya di tangan setiap dua jam sekali untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berpotensi merusak.


2. Mata
Foto: Thinkstock

"Kulit di sekitar mata kita lebih tipis dan membentuk kerutan karena kebiasaan yang berulang, seperti menyipitkan mata, tersenyum, dan kerusakan akibat sinar matahari," kata Dr. Kally Papantoniou.

Sayangnya, sebagian besar formula tabir surya tidak cocok digunakan di sekitar area mata karena tekstur kulit yang sangat halus. Pilihlah krim mengandung SPF untuk kulit sensitif yang bisa dioleskan di sekitar mata, atau gunakan kacamata hitam saat keluar ruangan.

3. Bibir
Foto: thinkstock

Dr. Kally mengatakan garis halus di sekitar bibir sering timbul setelah kerutan di mata dan dahi. Sinar matahari berperan menyebabkan kerusakan pada bibir, selain itu juga kebiasaan mengerucutkan bibir seperti minum dari sedotan dan botol menjadi penyebab garis halus.

Selalu pakai lip balm yang mengandung SPF minimal 25 saat siang hari. Di malam hari, gunakan lip sleeping mask atau lip balm dengan kandungan pelembap tinggi.


4. Dahi
Foto: iStock

Dahi menjadi bagian yang paling mudah berkeriput. Disebabkan ketika Anda mengerutkan dahi sebagai bentuk ekspresi. Untuk mengurangi keriput, kenakan produk yang mengandung retinol setiap malam karena dapat meningkatkan kolagen. Retinol juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah dan lembut.

5. Leher
Foto: Thinkstock

Banyak orang yang mengabaikan perawatan leher, padahal leher juga menjadi salah satu bagian yang mudah berkeriput. Terapkan tabir surya ke kulit leher untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

"Turkey Neck adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelemahan kulit yang terjadi seiring bertambahnya usia di bawah dagu dan daerah leher atas, karena kulit melemah dan kehilangan volume," kata Dr. Kally.

6. Dada
Foto: iStock

Garis leher yang dalam membuat area dada terbuka lebar untuk terpapar sinar UV dari matahari. Dr. Lee mengatakan, kulit area dada akan menonjolkan tampilan pembuluh darah yang rusak, muncul bintik hitam dan terjadi perubahan warna. Ia merekomendasikan untuk menggunakan tabir surya ke dada sebelum keluar rumah setidaknya SPF 30 yang mengandung titanium dioksida atau seng dioksida. (hst/hst)