Ini Cara Tes Skin Care untuk Ketahui Aman atau Tidak Bagi Kulit

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 29 Nov 2018 18:03 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Kini semakin banyak pilihan produk skin care. Saking banyaknya opsi, terkadang wanita tak sabar untuk mencoba produk perawatan kulit baru.

Mencoba produk skin care boleh-boleh saja, namun sebaiknya tes terlebih dahulu. Tes skin care menjadi cara untuk mengetahui reaksi produk tersebut ke kulit, terlebih jika kulit sensitif dan mudah berjerawat.



Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) dr. Abraham Arimuko, Sp.KK menyarankan untuk melakukan tes alergi bukan langsung di kulit wajah. dr. Abraham menyarankan untuk melakukan use test yakni percobaan dipakai.

"Percobaan dilakukan di belakang telinga. Belakang telinga dianggap yang paling sensitif. Artinya kalau pakai di belakang telinga aman, berarti di wajah kemungkinan aman. Kita bisa tunggu selama tiga hari," ujar dr. Abraham Arimuko dalam acara Clinelle di hotel Morrissey, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

dr. Abraham menegaskan bahwa sebaiknya wanita jangan mudah cepat bosan dengan skin care. Kunci dalam menggunakan produk perawatan adalah sabar karena untuk mendapatkan kulit sehat harus secara bertahap.



Jika ingin mencoba produk perawatan kulit baru, sebaiknya berikan jeda selama dua minggu dari produk sebelumnya. Hal ini untuk mengetahui apakah skin care baru cocok atau tidak.

"Kalau mau mencoba yang baru, kita harus mengistirahatkan kulit wajah katakanlah dua minggu. Ini memastikan bahwa jika terjadi alergi bukan dari efek skin care lama," saran dr. Abraham.
(kik/eny)