Dipakai Artis, Lipstik Lokal Ini Ditarik BPOM karena Bisa Bikin Kanker

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 15 Nov 2018 11:47 WIB
Kimberly Rider jadi bintang iklan QL Matte Lipstick. Foto: Dok. QL Cosmetic Kimberly Rider jadi bintang iklan QL Matte Lipstick. Foto: Dok. QL Cosmetic

Jakarta - Lipstik matte lokal yang dipakai selebriti ini ditarik dari peredaran karena mengandung bahan berbahaya yang bisa menyebabkan kanker.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik lipstik matte merek QL Cosmetic. Seperti dikutip dari detikHealth, ada empat produk lisptik matte QL yang ditarik dari peredaran karena dianggap mengandung bahan berbahaya. Empat produk itu adalah:

- QL Matte Lipstick 07 (Sunset Orange)
- QL Matte Lipstick 08 (Flaming Red)
- QL Matte Lipstick 09 (Pretty Peach)
- QL Matte Lipstick 10 (Lady Red)


Lipstik matte yang ditarik BPOM.Lipstik matte yang ditarik BPOM. Foto: Widiya Wiyanti/detikHealth


"Kita melakukan post market control dengan cara sampling, sampling diuji di laboratorium. Oh ini ketemu mengandung merah K3, di mana merah K3 itu adalah pewarna tekstil," jelas Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Mayagustina Andarini.

Selain QL Matte Lipstick, BPOM juga menarik dua produk eyeshadow yaitu Marie Anne Beauty Shadow 02 dan Marie Anne Beauty Shadow 07. Produk eyeshadow tersebut mengandung timbal atau logam berat beracun.

QL Matte Lipstick.QL Matte Lipstick. Foto: Dok. QL Cosmetic


Bahan merah K3 yang ditemukan di dalam QL Matte Lipstick ini merupakan bahan pewarna yang seharusnya untuk tekstil. Bahan-bahan tersebut bisa bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker), teratogenik (memicu kelainan pada janin), dan iritasi kulit.



Dalam situs resmi QL Cosmetic, QL Matte Lipstick ini masuk dalam kategori face beauty. Produk yang iklannya dibintangi dan dipakai oleh aktris Kimberly Rider itu dijual seharga Rp 28 ribu. Namun di situs tersebut saat ini produk tersebut sudah tidak tersedia.

QL Matte Lipstick hadir dalam 11 warna. Namun produk yang ditarik BPOM hanya empat warna yaitu sunset orange, flaming red, pretty peach dan lady red.

Tonton Dibintangi Kimberly Rider, Ini QL Mate Lipstic yang Ditarik BPOM:
QL Cosmetic menyebutkan dalam situsnya bahwa lipstik matte mereka dilengkapi bahan aktif moisturizing, UV Protector, serta Vitamin E, yang berguna merawat kelembaban dan melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari serta menjadikan warna yang tahan lama. Brand yang bernaung di bawah PT. Usaha Cosmetic Jaya itu juga menuliskan bahwa seluruh produk mereka telah memiliki sertifikasi dari BPOM RI.

Dalam situsnya QL Cosmetic pun sudah menegaskan bahwa produk-produk mereka aman untuk kulit. "Produk-produk QL Kosmetik aman bagi kulit karena bahan-bahan atau ingredients yang terkandung dalam produk sudah melewati pengecekan oleh Badan POM."

(eny/eny)