Ratna Sarumpaet ke Klinik Kecantikan, Ini Kisaran Biaya Operasi Plastik

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 03 Okt 2018 13:59 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Aktivis Ratna Sarumpaet disebut mengeluarkan uang hingga puluhan juta rupiah untuk operasi plastik yang menyebabkan lebam pada wajahnya. Sebelumnya, beredar kabar bahwa lebam tersebut akibat tindakan aniaya. Demi tampil cantik, memang ada harga mahal yang perlu dibayar.

Harga operasi plastik seperti yang diduga dilakukan Ratna Sarumpaet bervariasi, bergantung jenis tindakannya. Harga juga bisa berbeda-beda di satu negara dengan negara lain.

Baca Juga: Deretan Foto Wajah Bengkak Wanita yang Baru Operasi Plastik

Ratna Sarumpaet ke Klinik Kecantikan, Ini Kisaran Biaya Operasi PlastikAktivis Ratna Sarumpaet diduga melakukan operasi plastik. Berapa biayanya? (Foto: iStock)
Dalam laporan polisi, Ratna Sarumpaet diduga menjalani tindakan operasi plastik di Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat. Dari pemberitaan yang dirangkum, biaya operasi plastik untuk bagian hidung di rumah sakit tersebut berkisar antara Rp 30 juta - Rp 50 juta. Harga disesuaikan dengan bentuk hidung yang pasien mau.

"Mereka ingin hidungnya lebih kecil dan mancung," ujar Laksmi Achyati, salah satu dokter bedah plastik RSKB Bina Estetika saat diwawancarai Wolipop tahun lalu.

Ada juga prosedur sedot lemak atau liposuction, dengan harga dari Rp 40 juta. Lalu implan payudara dibanderol Rp 50 Juta, sedangkan untuk fat transfer berkisar Rp 80 juta.

Rumah sakit di Thailand juga punya kisaran biaya tersendiri. RS Yanhee, Bangkok, menawarkan layanan operasi hidung dari harga 30 ribu hingga 50 ribu Baht atau sekitar Rp 13 juta sampai 21 juta. Sedangkan untuk operasi payudara, harganya mulai dari 120 ribu hingga 130 ribu baht atau sekitar Rp 53 juta sampai Rp 57 juta, termasuk biaya menginap satu malam. Kamar penginapan yang tersedia di rumah sakit ini seluruhnya adalah tipe VIP.

Baca Juga: 10 Negara Paling Banyak Melakukan Operasi Plastik, Indonesia Termasuk?

Ratna Sarumpaet ke Klinik Kecantikan, Ini Kisaran Biaya Operasi PlastikBiaya operasi plastik bervariasi, bergantung jenis tindakan dan beberapa faktor lain. (Foto: iStock)
RS Yanhee adalah salah satu tempat favorit orang Indonesia untuk mempermak diri. "Pada 2010 ada 150 orang Indonesia datang ke rumah sakit kami, jumlahnya terus bertambah. Pada 2013 meningkat hingga 254," ujar Direktur Marketing Internasional RS Yanhee Ismael Naypa saat ditemui Wolipop di Rumah Sakit Yanhee bersama tim dari Tourism Authority of Thailand Mei lalu.

Bagaimana dengan Korea yang juga menjadi surga bagi orang Indonesia untuk operasi plastik? "Biayanya variatif ya. Tapi yang paling murah sekitar 2,6 juta Won atau Rp 30 jutaan untuk operasi membuat lipatan mata," ujar Mike, pemilik agen wisata kecantikan di Indonesia yang bekerja sama dengan klinik bedah plastik di Seoul, kepada Wolipop beberapa waktu lalu.

Untuk facelift (penarikan kulit di bagian wajah dan leher) yang berkategori ringan misalnya, operasi ini menelan biaya sekitar Rp 60 juta. Sementara, biaya tindakan facelift keseluruhan yang dikhususkan bagi wanita paruh baya bisa mencapai Rp 90 juta.

Mike menambahkan, operasi plastik termahal adalah tindakan augmentasi payudara (penyisipan implan di bagian bawah payudara). "Kalau payudara paling mahal ya, sekitar Rp 120 juta sampai Rp 140 juta tergantung kualitas implannya. Karena kita pakai implan paling canggih, namanya cohessive gel," jelas pria asli Korea ini yang sudah tinggal di Indonesia selama 10 tahun itu.




Tonton juga 'Kata Ahli Bedah Plastik Soal Wajah Bengkak Pasca Operasi':



(dtg/dtg)