Tren Diet Skin Care di Korea Gantikan Popularitas 10 Langkah Perawatan Kulit

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 01 Okt 2018 15:06 WIB
Foto: dok. iStock
Jakarta - Tren 10 langkah perawatan kulit dari Korea sempat mendunia, di mana menggunakan skin care secara berlapis seperti essence, masker, serum dan sejumlah produk lainnya. Tapi kini, 10 langkah perawatan tersebut semakin ditinggalkan orang Korea dan tergantikan dengan tren diet skin care.

Sesuai dengan namanya, wanita Korea kini memangkas rutinitas skin carenya menjadi lebih sedikit. Diet skin care dilakukan untuk mencegah atau mengurangi iritasi.

Baca Juga: 10 Langkah Perawatan Kulit ala Korea, Cocokkah untuk Wanita Indonesia

"Orang-orang telah menumpuk banyak sekali produk yang berbeda-beda yang menimbulkan kemerahan, sensitif dan bahkan hal yang lebih buruk seperti dermatitis kontak," ujar Liah Yooh, Youtuber dan pendiri brand skin care Krave Beauty, seperti dikutip dari Allure.

Multilayer atau menggunakan skin care berlapis-lapis tidak dibutuhkan. Menurut Dr. Neil Sadick, dermatologis dari New York mengungkapkan bahwa menggunakan produk skin care terlalu banyak memicu efek buruk pada kulit.

"Kami melihat banyak pasien yang menggunakan kombinasi skin care yang aneh, hasilnya kulit malah jadi iritasi," ujar Neil.

View this post on Instagram

A post shared by 🌴 LIAH YOO | 리아유 (@liahyoo) on Jul 26, 2018 at 4:55pm PDT



Tak sedikit wanita atau influencer yang kini seolah berperan sebagai ahli kulit. Padahal apa yang mereka pakai, belum tentu cocok untuk jenis kulit orang lain.

Baca Juga: 5 Hal yang Cuma Dimengerti Pecinta Produk Kecantikan Korea

Dr. Neil mencontohkan produk skin care yang sebaiknya dihindari. Menggunakan pelembab retinol dengan kandungan antioksidan yang aktif seperti vitamin C dan salicylic acid tidak disarankan karena memicu kulit kemerahan dan iritasi.

Seperti dikutip Allure, untuk melakukan diet skin care, wajah hanya membutuhkan tiga produk dasar perawatan kulit. Pembersih wajah, moisturizer dan sunblock untuk siang hari, di malam hari bisa diganti dengan pamakaian serum. (kik/kik)