Bersihkan Komedo Pakai Vaseline Jadi Tren? Ini Kata Dokter Kulit

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 21 Mar 2018 10:46 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Wanita dari Korea dan seorang beauty guru bernama Fei dalam akun Youtube-nya Hey It's Fei mengungkapkan cara ia membersihkan komedo, yakni menggunakan Vaseline. Trik membersihkan komedo pakai Vaseline dan hidung dibungkus plastik ternyata sudah cukup populer dan jadi tren.

Pinterest pun pernah mengunggah foto tutorial membersihkan komedo dengan Vaseline. Fei mengatakan bahwa cara tersebut menjadi trik paling manjur untuk membersihkan komedo karena kotoran komedo menjadi lebih mudah keluar saat dipencet.

Baca Juga: Wanita Ini Hilangkan Komedo Pakai Vaseline, Tak Disangka Hasilnya Memuaskan

Bersihkan Komedo Pakai Vaseline Jadi Tren? Ini Kata Dokter KulitFoto: dok. Youtube


Tapi apakah cara ini aman untuk diikuti? Dokter kulit Sejal Shah, M.D, menjelaskannya.

Menurut dr. Sejal, ekstraksi atau memencet komedo tidak disarankan oleh dermatologis. Cara tersebut bisa menyebabkan iritasi dan luka. Untuk melakukan ekstrasi komedo paling tepat di dokter kulit.

Baca Juga: Penyebab Timbulnya Komedo dan Cara Ampuh Menghilangkannya

Kemudian muncul DIY pakai Vaseline yang diklaim dapat melunakkan komedo. Maksudnya mungkin untuk mencegah iritasi dari ekstrasi atau memencet komedo dengan cara penekanan yang terlalu keras, namun cara tersebut tetap tidak dianjurkan oleh dokter kulit.

"Menggunakan Vaseline di kulit bisa memicu pori-pori semakin tersumbat dan terjadinya jerawat," kata dokter Sejal seperti dikutip Self.

Cara yang paling tepat untuk membasmi komedo adalah dengan facial di tempat perawatan kecantikan. Jika ingin melakukan perawatan di rumah bisa menggunakan produk-produk yang memang dirancang untuk memudarkan komedo seperti pakai strip untuk komedo, scrub atau peeling. (kik/kik)