Viral Ilustrasi Haru Keluarga Ridwan Kamil Bersama Eril, Ini Kata Pembuatnya

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 11 Jun 2022 11:03 WIB
Ilustrator dan animator, Sani Febriani membuat ilustrasi tentang keluarga Ridwan Kamil. Ilustrasi viral di media sosial karya Sani Febriani. Foto: Dok. Instagram @sanifebriani.
Jakarta -

Setelah hilang di Sungai Aare, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril ditemukan meninggal dunia di Bendungan Engehalde, Swiss. Seorang guru yang pertama kali melihat jasad Eril di sungai.

Lewat konferensi pers via Zoom, Kamis (9/6/2022), Kedubes RI di Swiss,Muliaman Darmansyah Hadad menerangkan kronologi penemuan jenazah Eril. Polisi pintu air di Bendungan Engehalde, Swiss mengungkapkan Eril ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Jasadnya ditemukan pertamakali oleh guru perempuan bernama Geraldine Beldi pada Rabu (9/6/2022) pukul 06.50 waktu Swiss.

Berdasarkan hasil forensik, Kepolisian Bern memastikan bahwa jasad di Bendungan Engehalde adalah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Polisi Swiss mengungkapkan bahwa Eril meninggal karena tenggelam pasca alami keadaan darurat.

[Gambas:Instagram]

Ilustrasi Emmeril Kahn Mumtadz

Jenazah Eril ditemukan, warganet pun turut merasa lega karena keluarga Ridwan Kamil bisa melihat putra kesayangan mereka untuk terakhir kalinya Warganet pun berbondong-bondong memberikan ucapan untuk menguatkan keluarga Ridwan Kamil.

Warganet ada yang memberikan kutipan dan ilustrasi tentang Eril. Salah satu ilustrasi yang menjadi sorotan publik datang dari akun Instagram @sanifebriani.

Illustrator dan animator ini membuat ilustrasi keluarga Ridwan Kamil yang berada di pinggir sungai Aare, Swiss sambil menabur setangkai bunga. Dalam ilustrasi itu, Sani membuat bayangan Eril yang menempel di punggung Ridwan Kamil. Ia juga memberikan ucapan doa untuk Eril.

"Innalillahi wa innailahi rajiun. A Eril sudah ditemukan jenazahnya. Mari kita semua mendoakan semoga arwah almarhum diterima di sisi Allah Subhanahuwataala. Surga untukmu anak sholeh. Al-Fatihah 🤲. Semoga Kang Emil sekeluarga diberi ketabahan💐," tulis akun @sanifebriani.

Ilustrator dan animator, Sani Febriani membuat ilustrasi tentang keluarga Ridwan Kamil.Ilustrator dan animator, Sani Febriani membuat ilustrasi tentang keluarga Ridwan Kamil. Foto: Dok. Instagram @sanifebriani.

Unggahan Sani sudah mendapatkan lebih dari 12 ribu Likes dan 159 komentar. Ada yang memuji hasil karyanya dan ikut mendoakan Eril.

"Masyallah keren banget😍," ucap akun @farazjeekam.

"Amiiiinnn 🤲 indah & mengharukan sekali artworknya @sanifebriani 🙏❤️

"MashaAllah merinding😢," kata akun @fionaignatova.

"😢masyaa allah tabarakallah ❤️ terimakasih karya indahnya❤️," puji akun @mlyamulya.

"Di REPOST bu @ataliapr lhooo.. keren abisss 👏👏👏," timpal akun @rizky_seven.

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya mengunggah ulang karya ilustrasi Sani di akun Instagram pribadinya @ataliapr. Atalia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh wargan Indonesia dan pihak yang telah membantu proses pencarian Eril.

"Terima kasih pula saya sampaikan kepada semua yang turut membantu dalam proses pencarian sampai kepulangannya; otoritas swiss, pemerintah RI, KBRI, keluarga, sahabat dan masyarakat serta semua yang turut membantu dan mendoakan dari berbagai belahan dunia. Alhamdulillah Jazakumullahu khairan katsiran. Kekuatan ikhtiar dan doa memang maha dahsyat. Sayang semua...❤️ Mohon doa agar diberi kelancaran dalam proses pemulangan A Eril ke Indonesia🙏. Karya @sanifebriani," tulis @ataliapr.

Ini Kata Ilustrator Eril

Wolipop sudah menghubungi Sani Yudha Febriani, ilustrator yang membuat ilustrasi keluarga Ridwan Kamil bersama Eril yang mengharukan. Ia berharap ilustrasinya bisa menguatkan keluarga Gubernur Jawa Barat itu.

"Meski raga sudah tidak berada di sekitar, namun jiwa tetap ada. Karenanya aku gambar ada almarhum Eril tetap merangkul keluarga. Berharap dapat menjadi pelipur lara Kang Emil sekeluarga," ungkap Sani kepada Wolipop lewat pesan singkat, Jumat (10/6/2022).

Ketika melihat foto Ridwan Kamil saat pencarian di tepi sungai, Sani langsung menggambar tentang Eril. "Rasanya sedih banget, nggak bisa ngebayangin betapa sedihnya mereka. Karena aku keahliannya menggambar, jadilah sebagai inspirasiku," lanjutnya.

Sani membutuhkan waktu seharian untuk mengerjakan ilustrasi tentang Eril. Ia juga tak menyangka ilustrasi karyanya viral di media sosial.

"Kaget banget karena nggak nyangka. Bikin gambar ini juga beberapa hari setelah kabar hilangnya almarhum Eril. Malam setelah ngegambar ini aku mimpi aja gambaranku akan viral, tapi karena dikiranya mimpi biasa makanya aku hiraukan. Eh ternyata kehendak Allah kalau karyaku ini akan viral," pungkasnya.

(gaf/eny)