ADVERTISEMENT

Mengenal Tanaman Eucalyptus yang Disebut RK Wangi dari Jenazah Eril

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Jumat, 10 Jun 2022 17:06 WIB
tanaman Eucalyptus Ilustrasi pohon Eucalyptus. Foto: iStockphoto
Jakarta -

Jasad anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, akhirnya ditemukan di bendungan Engehalde, Bern, Swiss, pada Rabu (8/6/2022) setelah 12 hari pencarian. Sang ayah menyebut bahwa jasad Emmeril masih dalam kondisi utuh bahkan mengeluarkan aroma seperti daun Eucalyptus.

"dan MASYA ALLAH, Walau sudah lewat 14 hari, jasadnya masih utuh lengkap tidak kurang satu apapun, wajah rapih menengok ke kanan dan saya bersaksi, jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya di akun Instagram @ridwankamil, Jumat (10/6/2022).

Eucalyptus adalah salah satu jenis pohon yang sering dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Pohon ini memiliki ratusan spesies yang tersebar di berbagai belahan dunia, terutama Australia, Tasmania, dan beberapa di Papua Nugini, Filipina serta Indonesia.

Daun dan minyak eucalyptus beraroma mirip seperti minyak kayu putih. Tidak sedikit memang yang mengira eucalyptus sama dengan minyak kayu putih, namun sebenarnya berbeda. Kayu putih sendiri memiliki nama latin Melaleuca cajuputi, dan merupakan salah satu dari sekitar 700 spesies eucalyptus.

Daun dan minyak eucalyptus dipercaya sejak ratusan tahun lalu sebagai obat untuk meringankan berbagai keluhan kesehatan. Seperti dilansir Medical News Today, minyak eucalyptus umumnya didapatkan lewat proses distilasi daun yang disebut-sebut kaya kandungan antioksidan dan senyawa 1,8-cineole (eucalyptol).

Studi yang dipublikasi di jurnal Clinical Microbiology & Infection menunjukkan minyak eucalyptus kemungkinan memiliki efek antibakteri. Sementara itu University of Maryland Medical (UMM) Center menyebut bahwa eucalyptus bisa digunakan untuk mencegah infeksi pada kulit.

Jenis eucalyptus yang paling sering dimanfaatkan untuk minyaknya adalah Eucalyptus globulus atau dikenal juga dengan nama Blue Gum. Jenis ini merupakan sumber utama minyak eucalyptus yang banyak diproduksi secara global.

Produk-produk berbahan eucalyptus biasanya hadir dalam bentuk minyak, krim, balsam atau aromaterapi. Umumnya digunakan untuk meredakan keluhan batuk, pilek, gangguan pencernaan, nyeri otot hingga meringankan peradangan dan membantu mempercepat penyembuhan luka ringan.

(hst/hst)