35 Ucapan Belasungkawa Simpel sampai Islami, Tulus dan Menyentuh

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 15 Des 2021 05:30 WIB
Ucapan belasungkawa. Foto: Getty Images/PonyWang Ucapan belasungkawa. Foto: Getty Images/PonyWang
Jakarta -

Ketika seseorang yang kamu kenal menderita karena kehilangan teman dekat atau anggota keluarga, penting untuk memberikan ucapan belasungkawa. Di bawah ini ada kumpulan ucapan belasungkawa dari simpel sampai religi yang bisa jadi inspirasi.

Ucapan belasungkawa merupakan simbol untuk memberi tahu bahwa kamu memikirkan mereka yang telah kehilangan orang terdekat. Sulit untuk mengetahui cara terbaik untuk mengungkapkan belasungkawa kamu kepada seseorang yang baru saja berkabung. Tetapi, perlu diingat bahwa hanya dengan membuat kontak lewat ucapan belasungkawa dan menunjukkan bahwa mereka ada dalam pikiranmu akan membuat kamu merasa nyaman.

Apa artinya mengirim ucapan belasungkawa?

Mengirim ucapan belasungkawa berarti menghubungi seseorang yang baru saja berduka dan menawarkan beberapa kata penghiburan atau simpati atas kehilangan mereka. Ini adalah cara untuk mengakui bahwa mereka berduka dan menunjukkan bahwa kamu peduli pada mereka. Ada banyak cara untuk menulis ucapan belasungkawa.

Kapan waktu terbaik untuk menyampaikan ucapan belasungkawa?

Ini mungkin tergantung pada sifat hubungan kamu dengan orang yang mengalami kehilangan. Jika kamu menikmati hubungan dekat baik dengan yang berduka atau yang sudah meninggal, kamu harus melakukan kontak sesegera mungkin. Jika kamu adalah teman biasa atau bagian dari lingkaran sosial yang lebih luas, tidak apa-apa untuk mengirim ucapan belasungkawa dalam beberapa hari atau setelah pemakaman.

Mengirim ucapan belasungkawa membutuhkan lebih banyak usaha dan bisa tampak lebih pribadi. Berikut ini ucapan belasungkawa yang bisa menjadi referensi.

Ucapan Belasungkawa Simpel

1. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kehilanganmu. Aku Senang bisa mengenal [masukkan nama yang meninggal].

2. [masukkan nama yang meninggal] tidak akan pernah terlupakan. Kami akan menghargai kenangan kami tentang dia dan menyampaikan belasungkawa kami.

3. Orang-orang yang kita cintai tidak pernah pergi; mereka hidup di dalam hati kita.

4. Kami minta maaf melebihi kata-kata atas kehilangan yang menimpa dirimu. Semoga kamu tetap kuat!

5. Turut berduka cita atas meninggalnya ayah/ibu/sahabat kamu.

6. Mohon terima belasungkawa aku yang tulus. Aku memikirkanmu.

7. Aku sangat sedih mendengar kehilanganmu. Aku turut berdukacita.

8. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kehilangan yang kamu alami. Senang bisa kenal (nama yang meninggal) sebagai sosok yang baik.

9. Aku kehilangan kata-kata pada saat yang menyedihkan ini. Ketahuilah bahwa aku memikirkan kamu dan berdoa untuk kedamaian dan kenyamanan.

10. Turut belasungkawa. Tolong diingat bahwa kami mencintai dan peduli tentang kamu. Kami akan selalu ada untuk kamu.

Ucapan Belasungkawa Kristen

11. Aku menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada kamu dan keluargamu. Semoga jiwa [masukkan nama yang meninggal] berdamai dengan Bapa Surgawi kita.

12. Aku berdoa untuk kedamaian dan kenyamanan bagimu dan orang yang kamu cintai di saat yang sulit ini dan menyampaikan belasungkawaku.

13. Jiwanya yang lembut akan selalu ada di hati kita.

14. Aku tidak akan pernah lupa [masukkan nama yang meninggal]. Semoga Tuhan memberinya tempat istirahat abadi.

15. Aku tahu bahwa imanmu kuat, dan aku ingin mendorongmu untuk mempertahankannya. Meskipun kita mungkin tidak mengerti mengapa ini terjadi, kita dapat memiliki iman bahwa ada alasan dalam rencana-Nya.

16. Turut berduka cita. Kamu harus tetap tegar. "Tuhan adalah perlindungan dan kekuatan kita." Mazmur 46:1.

Ucapan Belasungkawa Islami

17. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah dan mengampuni segala dosa almarhum (nama). Semoga bagi keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran menghadapi ujian ini

18. Innalillahi Wainnailahi Rajiun. Semoga (nama almarhum) diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Bersedihlah secukupnya, karena nantinya semua akan berkumpul lagi. Semoga bisa dikumpulkan kembali ke tempat yang indah.

19. Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Saya turut berduka cita atas meninggal (nama almarhum). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamin

20. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (Jika yang meninggal pria). Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya. Semoga kamu diberikan kekuatan menghadapi ujian ini. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita.

21. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang akan diusahakannya besok. Dan tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman: 34) Turut berduka cita, jangan sedih lama-lama ya.

Ucapan Belasungkawa dari Kutipan

22. "Hidup yang disayangi setiap orang; tetapi orang yang tersayang memiliki kehormatan yang jauh lebih berharga daripada nyawa."Shakespeare

23. "Jika orang yang kita cintai dicuri dari kita, cara agar mereka tetap hidup adalah dengan tidak pernah berhenti mencintai mereka." James O'Barr

24. "Mereka yang kita cintai dan kehilangan selalu terhubung oleh untaian hati hingga tak terbatas." Terri Guillemets

25. "Orang mati tidak pernah mati bagi kita, sampai kita melupakan mereka." George Eliot

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk ucapan belasungkawa simpel lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2