30 Ucapan Belasungkawa yang Simpel, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 10 Des 2020 13:45 WIB
Ilustrasi ucapan hari raya idul fitri Ilustrasi ucapan belasungkawa. Foto: Getty Images/iStockphoto/Bojan89
Jakarta -

Ucapan belasungkawa atau duka cita adalah salah satu hal yang bisa kita berikan untuk menghormati kepergian seseorang. Karena tidak ada yang abadi dan setiap makhluk bernyawa pasti akan meninggal. Hal itu yang kemudian akan menimbulkan kesedihan mendalam bagi keluarga serta orang-orang terdekat yang ditinggalkan.

Ucapan belasungkawa pun bisa dijadikan salah satu cara untuk memberikan semangat bagi keluarga yang tengah berkabung. Namun terkadang tidak semua orang bisa menuliskan ucapan belasungkawa dengan baik dan benar. Agar ucapan belasungkawa darimu menyentuh dan bisa kembali mengembalikan semangat orang yang sedang berduka, kamu bisa mencontoh beberapa ucapan belasungkawa di bawah ini.

Ucapan Belasungkawa Islami

1. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak."

2. "Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu 'indaka fiil muhsinin, waj'al kitaabahu fii 'illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba'dahu."

Artinya: "Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di 'illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya."

3. "Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Aamiin."

4. "Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Aamiin."

5. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama dengan orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin ya rabbal'alamin."

6. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut beduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT."

7. "Hakekatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umatnya, segala sesuatu yang ada di sisinya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya."

8. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berhadap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani semua ini. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya."

9. "Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya."

10. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya."

Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris

11. "You and your family are in my heart and mind. My condolences on the passing of your father." (Kamu dan keluargamu ada dalam hati dan pikiranku. Turut berduka cita atas meninggalnya Ayahmu.)

12. "I am deeply saddened by the loss that you and your family have encountered. My condolences." (Aku sangat sedih oleh kehilangan yang dilaluimu dan keluargamu. Turut berduka cita.)

13. "I am deeply saddened by the news of your loss. I pray that God will grant you the strength. My most sincere condolences." (Aku sangat sedih atas berita mengenai kehilanganmu. Aku berdoa semoga Tuhan memberikanmu kekuatan. Turut berduka cita.)

14. "May my condolences bring you comfort and may my prayers ease the pain of this loss." (Semoga belasungkawaku memberikanmu kenyamanan dan semoga doaku mengurangi sakitnya kehilangan ini.)

15. "I am deeply saddened by the news of your loss. I pray that God will grant you the strength. My most sincere condolences." (Aku sangat sedih atas berita mengenai kehilanganmu. Aku berdoa semoga Tuhan memberikanmu kekuatan. Turut berduka cita.)

16. "I offer you my thoughts, prayers and well-wishes during this dark time in your life." (Aku berikan perhatian, doa, dan harapan yang baik pada saat-saat kelam di dalam hidupmu ini.)

17. "It's terrible to hear about your loss and I express my sincere sympathy to you and your family." (Sedih sekali mendengar tentang kehilanganmu dan aku mengucapkan belasungkawa setulusnya kepadamu dan keluargamu.)

18. "Please accept our most heartfelt sympathies for your loss. Our thoughts are with you and your family during this difficult time." (Mohon terima belasungkawa kami yang sedalam-dalamnya atas kehilanganmu. Kamu dan keluargamu berada dalam pikiran kami pada masa yang sulit ini.)

19. "Hold tight to memories for comfort, lean on your friends for strength, and always remember how much you are cared about." (Bertumpu lah pada kenangan untuk ketenangan, bertumpu pada kawan untuk kekuatan, dan selalu ingat betapa disayanginya kamu.)

20. "We share your grief in this time of bereavement with deepest sympathy and condolence." (Kami turut berkabung dalam saat kehilangan ini dengan simpati dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya.)

Ucapan Belasungkawa Kristiani

21. "Ya Tuhan, tabahkanlah keluarga yang sedang dilanda musibah. Karena, semua makhluk di dunia pasti akan ada saatnya menemui sang pencipta. Semoga Engkau, menerima arwah saudara kami dengan tangan-Mu yang terbuka lebar menyambutnya dan menempatkannya di tempat yang terindah."

22. "Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa."

23. "Terkadang, Tuhan menyapa makhluk-Nya dengan berbagai macam cara. Salah satu yaitu dengan cara menyapanya dengan sebuah kematian yang mengantarkan roh makhluk-Nya menuju ke sisi-Nya. Percayalah, kepergian saudara kita bukanlah hal yang buruk. Karena, sebuah hal yang sangat membahagiakan baginya. Kita doakan semoga Tuhan menempatkannya di surga-Nya."

24. "Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar .... tenang di sisi-Nya dan diberikan tempat terindah."

25. "Orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah tuhan maka yakinlah di Mazmur 116:15, 'Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya'."

26. "Turut berduka cita atas kepergiannya.... Ketahuilah bahwa orang yang engkau kasihi adalah orang yang baik, Ia adalah hamba Tuhan yang selalu mendengarkan dan turut perintah Tuhan maka yakinlah di Mazmur 116:15 'Berharga di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya'."

27. "Ingatlah, jangan sampai kesedihanmu larut secara terus menerus. Tetaplah ambil bagianmu di Matius 28:20, 'Dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.' Karena sahabat kita yang telah pergi telah menjalankan bagiannya."

28. "Kita beriman akan darah Yesus seperti yang dicatat di 1 Tesalonika 4:14, 'Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama - sama dengan Dia.' Maka, Kita bisa beriman, bahwa kita bisa bertemu dengan orang yang kita kasihi yang telah meninggal oleh karena Tuhan."

29. "Kehilangan seseorang yang sangat dicintai memang sangat menyakitkan. Namun, lebih menyakitkan lagi jika kita tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya. Biarkan dia yang meninggalkan kita tenang di alam sana. Turut berduka cita atas meninggalnya.... Semoga segala dosanya di ampuni oleh Tuhan."

30. "Kematian bukanlah akhir dari segalanya. Melainkan, awal dari sebuah kehidupan yang abadi. Turut berduka cita atas meninggalnya.... Tuhan itu Baik dan semoga menempatkannya di tempat terbaik."

Itulah beberapa contoh ucapan belasungkawa atau duka cita yang bisa kamu berikan untuk teman, sahabat, atau keluarga yang sedang berkabung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

(vio/vio)