5 Hal yang Bisa Dilakukan Ibu untuk Menjaga Ketenangan Hati di Masa Pandemi

Tim Wolipop - wolipop Senin, 30 Agu 2021 08:52 WIB
Pretty young mother reading a book to her daughter. Family holiday and togetherness. Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menuntut semua orang lebih banyak menghabiskan aktivitas di rumah saja. Rumah menjadi satu-satunya ruang gerak dan sentra aktivitas yang harus dimaksimalkan agar para anggota dapat tetap produktif.

Tak jarang, kejenuhan menjadi tantangan tersendiri ketika semua aktivitas yang sebelumnya banyak dilakukan di luar rumah, kini harus dilakukan di rumah. Peran ibu kian esensial, termasuk dalam membangun suasana di rumah agar tetap terjaga, bukan hanya terkait kebersihan, tapi juga aktivitas bersama yang dapat dilakukan keluarga.


Sebuah survei menunjukkan 74% perhatian ibu terdapat pada kebersihan rumah dan keluarga; kemudian diikuti oleh 57% mencari cara bagaimana membuat anak tetap sibuk selama masa pandemi.Tentunya, ini menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, khususnya sang ibu. Sebagai motor penggerak sekaligus navigator utama, ibu dituntut tak hanya untuk memastikan kesehatan keluarga serta kebersihan lingkungan rumah, namun juga memikirkan solusi agar seluruh keluarga tetap nyaman dan bisa berkreasi di rumah dengan menyenangkan.

Ketenangan hati seorang ibu menjadi sangat penting di situasi yang tidak menentu seperti saat ini. Kegiatan pendampingan anak dan menjaga kebersihan rumah menjadi hal utama yang harus dibagi maupun didukung oleh semua anggota keluarga, bukan hanya sang ibu. Hal ini diakui oleh Psikolog Keluarga, Saskhya Aulia Prima.

"Kuncinya adalah bagaimana bisa menciptakan suasana rumah tetap tentram dan nyaman. Sebab, banyak sekali ketidakpastian dan hal-hal yang berada di luar kendali kita. Karenanya, untuk mendapatkan rasa ketenangan dan kenyamanan kita perlu fokus pada hal-hal yang bisa kita kendalikan dan usahakan. Salah satunya mengusahakan suasana rumah agar tetap nyaman sehingga mendukung keluarga tetap menjalankan rutinitas harian yang menyenangkan," tutur Saskhya dalam peluncuran Dulux Easy Clean Anti-Viral.

Mengapa ketenangan hatiibu begitu penting bagi seluruh anggota keluarga terutama dalam merangsang kreativitas anak? Karena saat mindset positif, maka ibu dan anak akan lebih mudah untuk mencari solusi dari kebosanan dan banyak melakukan kegiatan kreatif yang dapat menunjang tumbuh kembang buah hati dari rumah.

"Ibu yang tenang, bisa lebih memikirkan pemanfaatan hal-hal di rumah untuk dapat dijadikan sarana pengembangan keterampilan anak, misalnya dengan memberikan satu area tembok khusus untuk anak berkreasi sesuai imajinasinya tanpa banyak batasan," ujar Saskhya mencontohkan.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan ibu untuk menjaga ketenangan hati di masa pandemi menurut Psikolog Keluarga, Saskhya Aulia Prima:

1. Memastikan kondisi rumah memberikan ketenangan menenangkan untuk seluruh anggota keluarga, mulai dari kebersihan, keteraturan, kerapihan ruangan.

2. Mengatur benda-benda di dalam rumah aman untuk si kecil yang punya kebutuhan tinggi dalam bereksplorasi.

3. Secara teratur melakukan sesi spesial untuk masing-masing anggota keluarga agar kebutuhan emosional satu sama lain terpenuhi.

4. Menyediakan waktu untuk diri sendiri (me time) dengan suasana yang membantu ibu lebih rileks (misalnya ruangan rapi, melengkapi dengan aroma yang menenangkan, minuman hangat) sambil melakukan hal yang ibu senangi.



5. Mengelola ekspektasi harian untuk tidak menjadi orang tua yang sempurna di masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian ini. Lebih baik memfokuskan diri untuk mensyukuri hal-hal yang membuat kita bisa bertahan menjalani hari.



Simak Video "Hanya 27,6% Wanita Korsel yang Berpikir Lingkungannya Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)