Jatuh-Bangun Aurra Kharisma, Pernah Ditolak Audisi karena Warna Kulit

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 29 Apr 2021 07:33 WIB
Aurra Kharisma Aurra Kharisma (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)
Jakarta -

Aurra Kharisma sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang Miss Grand International 2020. Meski tak membawa mahkota kemenangan, ia pulang dengan gelar Runner-Up ke-3.

Kesuksesan yang diraihnya saat ini bukanlah hasil sebuah proses instan. Banyak jalan berliku yang harus ia lalui. Penolakan pun sempat mewarnai perjalanan karier Aurra sebagai model.


Lahir dan besar di Majalengka, Jawa Barat, Aurra Kharisma mulai terjun di dunia modeling sejak 2014 saat masih berusia 14 tahun. Sebenarnya, sang ibu yang mendorong Aurra untuk menjadi seorang model agar terlihat lebih feminin.

"Waktu kecil, aku anaknya tomboy banget sampai nggak mau pakai rok. Mainnya playstation dan teman-temanku yang cewek bisa dihitung dengan jaring," kenang Aurra Kharisma saat berbincang dengan Wolipop belum lama ini.

Sembari sekolah, Aurra Kharisma didampingi kedua orangtuanya bolak-balik Majalengka-Jakarta untuk mencoba peruntungan di dunia modeling. Lulus SMA, ia akhirnya memberanikan diri untuk hijrah ke ibukota seorang diri.

Berbagai kompetisi model dijajalnya dan membuahkan hasil yang cukup membanggakan. Di ajang Face of Indonesia 2014, Aurra Kharisma menyabet gelar runner-up 2. Tak ketinggalan, Asia Model Festival, kontes mode berskala internasional yang diadakan di Korea Selatan.

Pengalaman tersebut lantas membuka pintu bagi anak pertama dari tiga bersaudara ini untuk mencicipi karier modeling di mancanegara. Namun, kiprahnya tak selalu berjalan mulus.

Aurra KharismaAurra Kharisma (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Masih teringat betul di benaknya sebuah pengalaman audisi di luar negeri. Betapa tidak, Aurra Kharisma yang kala itu masih 17 tahun ditolak mentah-mentah karena perihal warna kulitnya yang dianggap terlalu gelap.

"Padahal sudah antre dua jam. Aku sedih banget, usia 17 tahun, sendirian di negeri orang pula," kata wanita berkulit sawo matang itu.

Penolakan tersebut sempat menciutkan rasa percaya dirinya. Bahkan, ia sempat membenci dirinya sendiri sebelum akhirnya berusaha bangkit dari keterpurukan.

Aurra KharismaAurra Kharisma (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

"Dari situ aku sadar kalau kita harus nyaman dengan diri kita sendiri. Kita menerima segala kelebihan dan kekurangan diri, tapi tetap harus improve," kata mahasiswi jurusan Public Relation di Universitas Mercu Buana.

Menjadi cantik, lanjut Aurra Kharisma, bukan soal penampilan fisik. "Cantik itu harus dari hati. Kalau inner-nya cantik, it will show your outer beauty," tambah anak didik Ivan Gunawan di bawah naungan Yayasan Dunia Mega Bintang.



Simak Video "Jalani Diet, Berat Badan Ivan Gunawan Turun 25 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)