Intimate Interview

Kisah Inspiratif Bennu Sorumba, Dulu OB Kini Jadi Juru Rias Langganan Artis

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 08 Agu 2020 08:00 WIB
bennu sorumba Foto Bennu Suromba saat merias. Foto: Instagram @bennusorumba.
Jakarta -

Makeup artist Bennu Suromba merupakan makeup artist (MUA) langganan selebriti tanah air. Di balik kariernya yang cemerlang dalam dunia rias, pria asal Kendari, Sulawesi Tenggara ini memiliki masa lalu yang penuh perjuangannya.

Bennu pun berbagi kisah awal merantau ke Jakarta bersama dengan temannya, Dessy Indah Rachmat yang kini menjadi pengusaha tambang dan istri ketua DPD Gerindra Sulawesi Tenggara. Kisah tersebut Bennu bagikan di akun Instagram miliknya @bennusorumba. Bennu pertama kali merantau ke Jakarta pada tahun 2000 bersama Dessy. Saat itu dia mengenal Dessy sebagai temannya di sanggar tari yang ada di Kendari. Mereka berteman sejak SMA tapi berbeda sekolah.

"Finally kita ke jkt bareng naik kapal laut..yg Pernah naik kapal laut pasti tau rasa jadi penumpang ekonomi yg tidur nya di dek kapal tp alhamdulillah masa itu kita bahagiaaa ajaaa namanya juga mau mengadu nasib di kota besar😍..5 hari berada di lautan lepas impian aku cuman ingin dapet uang untuk membahagiakan keluargaku ..singkat cerita setelah sampai di pelabuhan jakarta.aku tetep ikut dessy untuk numpang di mess tempat mereka stay sambil ngelamar kerjaaan kesana kemari .. dan 2001 aku baru keterima kerja jadi OB di kantor papa nya @indah.mariyam," demikian Bennu menulis di Instagramnya.

[Gambas:Instagram]

Dikonfirmasi Wolipop mengenai unggahannya, perias dengan nama lengkap Juanda Hasid Sorumba itu menceritakan lebih lengkap kisahnya yang menginspirasi ini. Dia bisa membuktikan bahwa ketika berjuang dari bawah dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang baik di kemudian hari.

Makeup artist yang akrab disapa Bennu itu menceritakan pengalamannya saat pertama kali ke ibukota. "Aku naik kapal selama seminggu di tengah laut. Karena ekonomi, kita tuh menginap di dek kapal. Selama di kapal cerita-cerita aja kalau ke Jakarta mau cari kerja aja. Nggak mikir mau jadi makeup artist atau apa. Jalani aja pokoknya berkarier. Atau ikutan casting saja," jelasnya dengan ramah saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon Rabu (5/8/2020).

Sampainya di Jakarta, pria yang bernama lengkap Juanda Hasid Sorumba ini menjelaskan jika Dessy sibuk mengikuti lomba, sementara dia mencari pekerjaan. Sampai akhirnya dia diterima bekerja menjadi office boy (OB) di sebuah majalah remaja.

bennu sorumbaHasil makeup Bennu Sorumba. Foto: Instagram @bennusorumba.

"Kebetulan salah satu rombongan gitu punya keluarga di Jakarta, lalu Dessy bilang tinggal bersama keluarga itu dan nanti kalau sudah bekerja, aku disuruh ngekost aja. Lalu aku numpang di rumahnya kak Indah Mariyam (teman Dessy). Terus aku dipekerjakan jadi OB di situ selama hampir setahun lebih pada 2001," ujarnya.

Perjalanan hidupnya yang berliku, Bennu mengungkapkan akhirnya dia mendapat tawaran pekerjaan menjadi asisten makeup artist setelah setahun menjadi OB. Tawaran pekerjaan itu didapatnya karena dia juga sempat beberapakali mengikuti casting.

"Sejak ikutan casting, aku ketemu dengan Key Simangunsong, sutradara sinetron Lupus Milenial dan Agnes Monica. Aku ikutan dan ditawarin untuk menjadi asisten makeup artist. Di situlah awalnya sampai ke sana kemari," tutur Benu yang juga sudah menuliskan kisah inspiratifnya ke dalam sebuah buku berjudul Sleeping Beauty The Story of Bennu Sorumba.

bennu sorumbaBennu Sorumba (kanan). Foto: Instagram @bennusorumba.

Berkat kerja keras dan pantang menyerah, pada 2008 nama Bennu Sorumba semakin dikenal karena berhasil merias penyanyi Syahrini. Dan pada 2018, Bennu merilis bukunya dengan menjadikan puteri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu sebagai model sampulnya.

"Aku mulai dikenal orang itu 2008 saat aku megang Syahrini dan Rossa. Syahrini mengeluarkan album pertama 'Kau Bohong' itu sudah sama aku. Dari situ aku mulai dikenal artis-artis gitu. Dan puncaknya di 2015. Dan kemarin aku mengeluarkan buku, aku menjadikan Kahiyang sebagai model buku aku. Dan itu aku menjadi satu-satunya MUA yang berhasil mengajak dia untuk menjadi model waktu itu," jelasnya.

Mengenai persahabatannya dengan Dessy Indah Rachmat yang kini dikenal sebagai pengusaha tambang dan istri Ketua DPD Gerindra Sultra, Bennu mengatakan bahwa dia dan Dessy sudah 10 tahun tak bertemu. Mereka baru berjumpa lagi lewat Instagram.

bennu sorumbaFoto Bennu Sorumba bersama Rachel Maryam. Foto: Instagram @bennusorumba.

"Tiba-tiba kemarin dia ketemu sama aku untuk makeup. Dia sudah menjadi pengusaha tambang nikel. Kita sambil cerita-cerita dulu kita punya mimpi dan kini aku menjadi makeup artist, Dessy menjadi pengusaha. Kita itu sama-sama meniti karier dengan jalan yang berbeda," paparnya.

Bennu mengungkapkan dia dan Dessy sama-sama memulai karier dari nol. Saat merantau ke Jakarta pun yang ada di pikirannya hanyalah bagaimana menghasilkan uang untuk keluarga, bukan menjadi makeup artist terkenal seperti yang sekarang dijalaninya.

"Aku anak perantau mulai dari 0. Mulai ke Jakarta cuman berangan-angan aja kepengen menghasilkan uang untuk keluarga. Aku nggak pernah terlintas untuk sukses gitu. Dan nggak pernah terlintas untuk jadi seperti sekarang ini. Cuma jalanin aja, berdoa, bekerja keras, nanti kalau memang rezeki kita. Orangkan mimpinya berbeda-beda. Kalau aku mimpinya awalnya ingin ikutan casting kepengin jadi artis eh malah jadi makeup artist," tutupnya.

Bennu pun sudah mengelilingi Indonesia untuk mengajarkan makeup. Dan dia sudah menjadi langganan artis top tanah air seperti Irish Bella, Ussy Sulistiawaty, Citra Kirana, Krisdayanti, Syahrini, Mayangsari Yuni Shara hingga putri Jokowi, Kahiyang Ayu.

bennu sorumbaFoto Bennu Sorumba. Foto: Instagram @bennusorumba.


Simak Video "Rahasia Sapuan Makeup Menawan Bocah 9 Tahun Lovely Natasha"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)