7 Cara Memilih Shower Kamar Mandi untuk Rumah Minimalis yang Sempit

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 08 Okt 2021 14:15 WIB
Shower kamar mandi untuk rumah minimalis. Foto: Dok. iStock Shower kamar mandi untuk rumah minimalis. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Rumah minimalis yang sempit umumnya memiliki ruang kamar mandi terbatas. Oleh sebab itu, pemilihan desain hingga model shower kamar mandi untuk rumah minimalis yang sempit harus diperhatikan. Berikut tips memilih shower kamar mandi untuk rumah minimalis.

Meski ruangnya sempit, shower kamar mandi untuk rumah minimalis tetap bisa dibuat nyaman dengan pemilihan model yang tepat. Beberapa model shower kamar mandi untuk rumah minimalis memang didesain buat ruangan sempit.

Shower kamar mandi untuk rumah minimalis yang tidak luas perlu menyesuaikan dengan bentuk dan tipe ruangan itu sendiri. Apakah kamar mandi dibatasi dengan kaca atau gorden? Di mana kah peletakkan shower kamar mandi untuk rumah minimalis, apa di sudut ruang atau langit-langit? Yuk dipertimbangkan agar kamar mandi sempit tidak semakin terasa kecil karena pemilihan shower yang kurang tepat.

Simak cara terbaik memilih shower kamar mandi untuk rumah minimalis yang sempit:

Shot of running water from shower head in a bathroomShower kamar mandi untuk rumah minimalis. Foto: Dok. iStock

1. Ukuran Shower

Sebelum memilih model shower kamar mandi untuk rumah minimalis, pertimbangkan dulu ukurannya sesuai seleramu. Ukuran dan tata letaknya sangat mempengaruhi terhadap model shower itu sendiri.

"Apakah Anda benar-benar membutuhkan shower untuk lima orang? Shower tidak perlu besar. Pikirkan bagaimana memanfaatkan ruang di kamar mandi. Ini memang pribadi tapi biasanya hanya satu orang yang mandi dalam satu waktu, walau terkadang dua orang," ujar Heather Wood, pemilik sekaligus desainer dari Mountainwood Homes.

2. Sesuaikan dengan Pembatas Kamar Mandi

Sesuaikan model shower kamar mandi untuk rumah minimalis dengan pembatas dalam ruangan. Ada berbagai pilihan pembatas kaca, baik polos hingga memiliki frame minimalis.

Shower separated by a glass wall from the window.Shower kamar mandi untuk rumah minimalis. Foto: Dok. iStock

Putuskan apakah menginginkan pembatas kaca atau hanya memakai gorden? Jika memakai pembatas atau pintu kaca maka bisa memilih model shower kamar mandi yang lebih mewah dan elegan. Kelebihan dari pintu kaca akan menampilkan gaya yang elegan meski kamar mandi berukuran sempit.

Berbeda saat memilih gorden sebagai pembatas untuk shower kamar mandi rumah minimalis. Pilih model shower berukuran kecil dan handy agar lebih praktis saat memakainya. Kelebihan dari penggunaan gorden sebagai pembatas adalah mudah aksesibilitasnya, terutama jika tinggal dengan anggota keluarga yang memakai kursi roda.

3. Gabung dengan Bath Tub

Down's syndrome sweet boy in the bath while Mom is washing him. He has blue eyes and blond hair. He is sitting in the bath and looking directly the camera. Mom watering her son with the shower. He as a cute face. The color and horizontal Photo was taken in Quebec Canada. There is copy space in this picture.Shower kamar mandi untuk rumah minimalis. Foto: Dok. iStock

Kamar mandi sempit belum tentu tidak memakai bath tub. Agar tidak membuang space dalam ruang, gabungkan shower dengan bath tub.

Tempatkan shower di dinding dan tambahkan model handy sebagai alternatif di atas bath tub. Cara ini menjadi alternatif untuk memaksimalkan ruang kamar mandi yang sempit.

4. Menempel pada Langit-langit

Model shower kamar mandi untuk rumah minimalis yang sempit dan tidak memakan ruang bisa ditempel pada langit-langit. Dikutip dari Better Homes and Gardens, pilih model shower persegi agar terlihat lebih elegan. Model shower kamar mandi yang menempel pada langit-langit juga sesuai dengan konsep rumah minimalis karena sangat praktis.

Bentuk ubin di bawah shower juga perlu diperhatikan? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk tahu cara memilih shower kamar mandi untuk rumah minimalis.

Selanjutnya
Halaman
1 2