Dekorasi Rumah Mungil

6 Trik Membuat Kamar Mandi Kecil Terlihat Lebih Besar

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 10 Jun 2016 14:04 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain kamar tidur, kamar mandi menjadi salah satu ruangan di dalam rumah yang sebaiknya tidak luput dari perhatian. Meski kamar mandi berukuran 'mungil' dan hanya digunakan jika diperlukan, namun ada baiknya kamar mandi tetap ditata agar lebih rapi, bersih, dan terasa besar. Bagaimana caranya?

1. Pilih Warna Senada

Dituturkan oleh desainer interior Riska Anggarini, desainlah kamar mandi Anda dengan warna yang senada atau gradasi warna senada. Warna tersebut tergantung selera masing-masing pemilik rumah, mulai dari warna abu-abu, krem, hingga putih menurutnya tidak masalah.

Ditambahkan oleh desainer interior asal Amerika, Carla Aston, pemilihan warna cat dinding juga sebaiknya diserasikan dengan lantai kamar mandi. Jangan cat dinding Anda dengan warna yang gelap dan ubin dengan warna terang. Hal itu akan membuat kamar mandi terlihat sesak dan sempit. Namun jika Anda ingin membuat kontras pada kamar mandi, batasi warna kontras tersebut pada satu objek tertentu saja, misalnya lemari kecil.

2. Lemari Penyimpanan

Meski kamar mandi berukuran kecil namun harus tetap ada lemari penyimpanan yang berguna untuk menyimpan pembersihkan kamar mandi hingga tisu. Tak ada salahnya letakkan lemari kecil di bawah wastafel.

"Menurut saya ruangan kecil itu akan lebih enak dilihat kalau rapi. Jadi untuk menyimpan barang-barang di kamar mandi tetap harus ada dan kelihatan bersih," kata Riska saat diwawancarai Wolipop melalui telepon, Kamis (9/6/2016).

3. Shower

Jika kamar mandi Anda tidak terlalu besar, desainer interior 31 tahun itu menyarankan untuk menggunakan shower daripada bath tub. Akan lebih baik lagi jika area shower ditutupi dengan dinding pembatas atau partisi agar tidak membasahi area lantai lainnya.

4. Dinding Transparan

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan shower ketimbang bathtub, pilihlah penyekat atau dinding shower yang terbuat dari kaca. Penempatan kaca di antara shower dan toilet seakan membuat dinding tambahan di kamar mandi.

5. Perhatikan Cahaya

Selain pewarnaan dinding dan peletakkan kaca, cahaya alami yang masuk ke kamar mandi melewati celah-celah jendela seakan memberikan efek ruangan yang besar. Menurut desainer lulusan desain interior di Limkokwing University Malaysia itu, akan sangat lebih baik jika kamar mandi memiliki jendela.

"Kamar mandi kan area basah jadi kalau ada jendela sinar matahari masuk dan udara keluar masuk lebih baik lagi. Tapi kalau kondisinya nggak memungkinkan pasang exhaust bisa jadi pilihan," lanjut Riska.

6. Letakkan Cermin Besar

Penempatan cermin besar yang tinggi di depan wastafel dapat memberikan kesan kamar mandi terlihat lebih besar. Anda juga bisa meletakkan lampu kecil di tepat di atas cermin atau lampu tembok di dinding area wastafel sebelah kiri dan kanan. (itn/itn)