5 Cara Menghias Rumah dengan Ubin Bermotif

Hestianingsih - wolipop Jumat, 21 Okt 2016 18:08 WIB
Foto: Dok. Granito Tile Studio
Jakarta - Penataan interior selama ini lebih banyak terfokus pada area dinding, pemilihan furnitur atau hiasan untuk memunculkan kesan tertentu pada ruangan. Tak banyak yang tahu, penentuan motif dan warna ubin ternyata juga memberi pengaruh besar dalam menciptakan tampilan rumah yang diinginkan.

Ubin bisa menjadi elemen penting untuk mendekorasi rumah. Tak hanya bisa diterapkan pada lantai, tapi juga sebagai aksen pada dinding. Ada beberapa trik dalam pemasangan ubin agar rumah terlihat lebih cantik dan memiliki nilai estetis. Seperti apa?

1. Tentukan Tema
Foto: Dok. Granito Tile Studio

Pertama-tama tentukan dulu tema dan kesan ruangan yang ingin Anda tampilkan. Apakah konsep monokrom, modern, klasik atau playful dengan permaianan warna-warna cerah. Begitu konsep telah siap, baru bisa memilih motif atau cerak serta warna ubin yang tepat.

2. Ubin Mosaic
Foto: Dok. Granito Tile Studio

Ubin mosaic bisa diterapkan di kamar mandi, dapur, ruang tamu atau teras. Namun menurut Manager Granito Tile Studio (GTS) Kuntjoro Tjahjosarwono, ubin mosaic umumnya lebih cocok digunakan sebagai aksen pada suatu ruangan. Misalnya diaplikasikan tidak pada seluruh bagian lantai atau dinding, tapi hanya di area-area tertentu.

"Tile bermotif lebih tepat jika dipasang di area terbuka dan jarang ada furnitur. Seperti area foyer, selasar, teras, ruang tamu atau ruang keluarga yang cukup luas, dinding kitchen set, atau dinding shower kamar mandi," ujarnya, dalam rilis pers yang diterima Wolipop, Jumat (21/10/2016).

3. Memberi Kesan Luas
Foto: Dok. Granito Tile Studio

Motif dan warna tertentu bisa memberi kesan ruangan lebih luas. Pilih ubin bermotif dengan warna cerah dan pola yang sederhana jika Anda memiliki ruangan yang kecil agar terlihat lebih 'terbuka'. Warna-warna pastel dengan motif geometris berukuran bisa menjadi pilihan. Peletakannya pun perlu diperhatikan. Letakkan pada beberapa area tertentu saja dan dengan pola yang teratur.

4. Kesan Lebih Sempit
Foto: Dok. Granito Tile Studio

Mungkin Anda memiliki ruangan yang sangat luas dan ingin 'mendekatkannya' agar terkesan lebih akrab dan tidak mengintimidasi. Desainer interior Zachri Zelhas menyarankan untuk memilih ubin bermotif dengan warna dominan gelap dan pola yang lebih rumit.

"Pola pemasangannya pun cenderung dalam satu bidang atau area," tambah Zachri.

5. Kombinasi Beberapa Warna
Foto: Dok. Granito Tile Studio

Untuk kesan ruangan yang ceria, Anda bisa mengombinasikan ubin polos berwarna cerah. Pilih dua atau tiga warna, lalu letakkan secara acak atau memadukannya dalam sebuah pola yang unik. Berkreasilah sebebas mungkin menurut keinginan dan preferensi Anda sendiri, tapi dengan tetap memperhatikan luas ruangan dan penataan secara keseluruhan. (hst/hst)