Kamar Kosan Viral Dihujat, Disewakan Rp 5,8 Juta Tapi Kondisinya Begini

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 13 Mei 2021 08:00 WIB
New housing estate in Australia growing city Melbourne. New development are constantly going up throughout the suburbs of Melbourne and many other capital cities around Australia. Ilustrasi Rumah / Foto: Getty Images/Tim Allen
Jakarta -

Salah satu kos-kosan di Singapura belakangan menjadi viral dan panen hujatan karena dianggap tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Bagian kamarnya disebut-sebut mirip dengan rumah sakit, bahkan lebih buruk dari sebuah kamar ganti.

Seperti dikutip dari Shin Min Daily News, kamar kos-kosan tersebut tadinya hendak disewa oleh seorang pria asal Malaysia yang akan mulai bekerja di Singapura pada Juli 2021. Namun setelah melihat foto dari kamar kos-kosan, sang pria pun berubah pikiran.

Sebelumnya pria yang tak disebutkan namanya itu berniat untuk menyewa sebuah kamar kos-kosan yang letaknya dekat dengan stasiun Khatib MRT. Namun sayang kamar kos-kosan tersebut sudah terlanjut disewakan kepada orang lain. Sebagai gantinya, sang pemilik kos-kosan kemudian menawarkan kamar kos-kosan lain yang masih tersedia.

Sang pemilik mengatakan bahwa kamar kos-kosannya itu sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti pendingin ruangan, hydroelektrik, dan juga jaringan Wi-Fi. Harganya sekitar Rp 5,8 juta per bulan.

Merasa penasaran, pria itu pun meminta foto-foto dari ruangan kos-kosan tersebut. Namun sungguh tak diduga, foto-foto kamar kos-kosan yang dikirimkan itu justru membuat sang pria terkejut.

【本地】狮城'布隔间房' 租金550元   ...

Dikirim oleh Shin Min Daily News 新明日报 pada Minggu, 09 Mei 2021

Tak seperti kamar kos-kosan pada umumnya, ruangan kamar kos-kosan itu hanya dibatasi dengan kain dan sangat kecil. Saking sempitnya, mungkin sampai tak ada ruang untuk berjalan di sana. Tak sedikit netizen yang kemudian memberikan hujatan. Mereka menyebut sang pemilik terlalu serakah hingga melakukan sesuatu hal yang ilegal.

Kos-kosan viralKos-kosan viral Foto: Shin Min Daily News

"Seperti tempat tidur rumah sakit," komentar salah satu netizen.

"Rp 5,8 juta!! Lebih buruk daripada ruang ganti!" tambah netizen lain.

Menurut peraturan dari pemerintah Singapura, seseorang bisa menyewakan kamar jika kamar tersebut dibangun sebagai kamar tidur. Jika tidak, orang yang menyewakan tersebut akan dihukum dengan mencabut hak mereka untuk menyewakan kamar.

(vio/vio)