10 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Mempercantik Rumah

Lusiana Mustinda - wolipop Selasa, 23 Jun 2020 19:10 WIB
Modernly designed room with cacti decorations Tanaman hias yang cocok di indoor. Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz
Jakarta -

Selain mengisi dengan perabotan yang sesuai. Rumah juga perlu dihiasi dengan tanaman hijau sehingga suasananya semakin teduh.

Khusus untuk tanaman hias indoor kamu tak perlu takut jika mereka kekurangan cahaya matahari. Karena tanaman-tanaman hias ini lebih tahan ketika tak mendapat cukup asupan cahaya matahari.

Cara perawatannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiramnya sesekali dalam seminggu.

Berikut tanaman hias dalam rumah yang cocok jadi hiasan sekaligus penyegar udara rumah:

1. Lidah Buaya

plants such as betel leaf vinesLidah buaya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Menurut buku 'Khasiat dan Manfaat Lidah Buaya' oleh Irni Furnawanthi, SP, lidah buaya termasuk dalam suku Liliaceae. Lidah buaya yang mudah hidup di daerah kering seperti Afrika, Asia dan Amerika ini sangat cocok jadi pilihan untuk tanaman indoor.

Lidah buaya dapat menutup stomata daun sampai rapat pada musim kemarau untuk menghindari kehilangan air dari daunnya. Akan tetapi tanaman ini juga bisa hidup di tempat yang beriklim dingin.

Lidah buaya juga termasuk tanaman yang efisien dalam penggunaan air dan termasuk dalam jenis CAM (crassulance acid metabolism) dengan sifat tahan kekeringan. Sehingga lidah buaya tidak membutuhkan banyak air.

2. Peace Lily

plants such as betel leaf vinesPeace Lily Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Peace lily juga cocok dijadikan sebagai tanaman indoor. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau pekat dengan bunga berwarna putih.

Dilansir dalam buku berjudul 'The Inspired House Plant' oleh Jen Stearns menyebutkan kalau peace lily lebih baik ditaruh dalam cahaya yang rendah hingga sedang. Dan hindari menaruh tanaman hias ini langsung di bawah cahaya. Siram peace lily setiap minggu atau ketika tanah sudah terlihat kering.

3. Chinese Money

plants such as betel leaf vinesChinese Money. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Chinese money memiliki nama lain Pilea Peperomioides. Bentuknya memang sangat cantik sehingga cocok jadi tanaman hias yang bisa digantung ataupun diletakkan di atas meja. Perawatan tanaman chinese money ini terbilang cukup mudah.

Chinese money atau Pilea tidak menyukai air sehingga kamu cukup menyiramnya tiga hari sekali.

4. Spider Plant

plants such as betel leaf vinesSpider plant. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Spider plant merupakan tanaman hias yang memiliki istilah Chlorophytum Comosum. Tumbuhan ini sangat cocok diletakkan sebagai hiasan di dalam rumah. Spider plant juga berfungsi sebagai penyaring udara.

5. English Ivy

plants such as betel leaf vinesEnglish Ivy. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Dilansir dalam House Beautiful, empat jam sinar matahari langsung dan kelembaban yang stabil adalah kunci kesuksesan menanam ivy agar tumbuh subur. Kamu bisa meletakkan pot tanaman hias berjenis English Ivy di atas meja atau sudut-sudut hiasan rumah.

6. Sansivera

plants such as betel leaf vinesSansivera. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Tanaman hias ini disebut juga dengan lidah mertua. Tanaman ini ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai penghias ruangan tetapi sejak dulu juga dimanfaatkan sebagai penyaring udara.

Dikutip dalam majalah Trubus berjudul 'Sansiveria, 200 Jenis Spektakuler', Sansivera aau snake plant tahan terhadap kondisi ekstrem seperti cahaya dan tanah kering. Sansivera yang tergolong famili Agavaceae tercatat memiliki 140 spesies.

Menurut House Beautiful, cahaya tidak langsung sangat ideal untuk tanaman ini. Penyiramannya pun dilakukan saat tanah sudah kering. Sansivera memiliki bentuk daun yang tinggi dengan beberapa bagian membentuk lekukan sehingga cocok diletakkan di sudut ruangan untuk mempercantik ruangan tersebut.

7. Calathea

plants such as betel leaf vinesCalathea. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Tanaman hias daun yang bisa kamu miliki untuk mempercantik ruangan adalah calathea. Tanaman ini bisa kamu rawat dengan cukup mudah yakni ditempatkan dengan sinar matahari tidak langsung dan tanah yang lembab merata, tidak basah ataupun kering. Untuk mempercantik warna calathea, sebaiknya gunakan pot berwarna putih.

8. Kaktus

plants such as betel leaf vinesKaktus di dalam ruangan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Bentuk dan warna dari tanaman kaktus sangat beraneka ragam. Menurut buku 'Tanaman Hias Kaktus' oleh Ir. H. Rahmat Rukmana dan Hj. Yuyun Yuniarsih Oesman, B. Sc, para ahli tanaman menyebut kaktus sebagai flora sisa masa purba.

Salah satu jenis kaktus yang bisa kamu miliki di rumah adalah kaktus koboi. Bentuknya batang dan memiliki sedikit duri bahkan beberapa penjual sudah menghilangkan durinya. Kaktus ini hanya perlu disiram satu kali dalam seminggu.

9. Monstera

plants such as betel leaf vinesplants such as betel leaf vines Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Tanaman hias monstera memiliki banyak jenis, mulai dari yang warnanya hijau hingga farigata dengan sentuhan warna putih. Monstera menjadi incaran para pecinta tanaman karena bentuk daunnya menjadi dan ditengahnya membentuk lubang yang terlihat sangat cantik.

Monstera yang merupakan jenis tanaman hias tropis sering digunakan untuk mempercantik ruangan.

10. Sirih Gading

plants such as betel leaf vinesSirih gading. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ana Widyastuti


Sirih gading bisa jadi pilihan yang tepat bagi pemula. Sirih gading merupakan tanaman merambat yang memiliki warna hijau dengan semburat kuning. Sirih gading juga disebut sebagai tanaman hias dinding karena jika melekat pada dinding tembok, batang akarnya akan tumbuh leluasa. Sirih gading juga bisa hidup jika ditaruh di air.





Simak Video "Trik Jitu Rombak Rumah dengan Biaya Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)