ADVERTISEMENT

Arti Barakallah Fii Umrik Ucapan Ulang Tahun dan Cara Jawabnya

Anggi Mayasari - wolipop Rabu, 16 Nov 2022 09:00 WIB
Arti Barakallah Fii Umrik Arti Barakallah Fii Umrik. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Barakallah fii umrik menjadi salah satu ucapan atau kalimat yang sering kita dengar. Apa arti barakallah fii umrik? Di bawah ini ada penjelasan tentang arti barakallah fii umrik, penggunaannya dan cara menjawabnya.

Arti barakallah fii umrik bukan hanya sekedar ucapan, tapi juga merupakan sebuah doa. Biasanya sering digunakan untuk mengirimkan ucapan ulang tahun untuk teman ataupun keluarga.

Beberapa orang juga menambahkan kata 'yaumul milad' untuk menyempurnakan kalimat ucapan ulang tahun. Seperti contoh barakallah fii umrik yaumul milad diucapkan untuk seseorang yang sedang berulang tahun.

Kamu yang masih belum paham arti barakallah fii umrik, yuk simak penjelasannya berikut ini:

Ucapan Selamat Ulang Tahun Barakallah Fii UmrikUcapan Selamat Ulang Tahun Barakallah Fii Umrik Foto: Dok. Canva

Apa Arti dari Barakallah Fii Umrik dalam Islam?

Barakallah fii umrik merupakan ucapan ulang tahun Islami. Barakallah merupakan ungkapan bahasa Arab yang bermakna doa. Kata Barakah berarti "berkah" atau "memberkati". Arti barakallah fii umrik adalah semoga keberkahan selalu Allah limpahkan atas usiamu.

Barakallah Fii Umrik untuk Laki-laki

Saat menuliskan barakallah fii umrik tulisannya berbeda sedikit untuk perempuan dan laki-laki. Hal ini terkait dengan dhomir atau kata ganti yang digunakan untuk laki-laki dan perempuan dalam bahasa Arab.

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكَ

Tulisan arab barokallah fii umrik Arab untuk pria sedikit berbeda dengan untuk wanita, hanya berbeda di dhomirnya saja. Jika dibaca tulisannya menjadi barakallah fii umrika.

Barakallah Fii Umrik untuk Perempuan

Saat seorang wanita berulang tahun dan ingin mengucapkan doa, kamu bisa menuliskan barakallah fii umrik Arab seperti ini :

باَرَكَ اللهُ فِى عُمْرِكِ

Jika untuk laki-laki menggunakan harokat fathah, maka untuk perempuan ditulis menggunakan harokat kasroh untuk dhomirnya, sehingga dibaca barakallah fii umriki.

Barakallah Fii Umrik Kita Harus Jawab Apa?

Jika ingin membalasnya ucapan barakallah fii umrik, maka perlu membedakan orang yang memberi selamat pria atau wanita. Jika pria yang mengucapkan barakallah fii umrik maka bisa membalasnya dengan kalimat 'wa fiika barakallah'.

Namun, jika wanita yang mengucapkan barakallah fii umrik maka jawab dengan kalimat 'wa fiiki barakallah'. Jawaban tersebut artinya adalah semoga Allah SWT juga memberkatimu.

Demikianlah arti barakallah fii umrik yang biasa diucapkan untuk seseorang berulang tahun. Apakah sekarang kamu sudah pafam arti barakallah fii umrik?



Simak Video "Hyun Bin dan Son Ye Jin Sambut Kelahiran Anak Pertama"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)