Bacaan Surat Al Insyirah Lengkap dengan Arti dan Kandungannya

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 13 Okt 2021 05:30 WIB
Ilustrasi membaca al quran Membaca surat Al Insyirah dan artinya lengkap. Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Surat Al Insyirah termasuk salah satu surat pendek di Al Quran. Surat Al Insyirah hanya terdiri dari delapan ayat. Meski tergolong surat pendek namun kandungan surat Al Insyirah memiliki banyak khasiat jika sering dipanjatkan saat salat.

Surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya sudah tertuang jelas dalam Al Quran, juz ke-30. Untuk umat Muslim, disarankan beberapa kali membaca surat Al Insyirah saat sholat lima waktu dalam sehari. Akan lebih baik lagi jika membaca surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya setelah salat.

Selain saat salat, membaca surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya memiliki manfaat tersendiri. Baca surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya saat sedang merasa kesulitan. Dengan melafazkan surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya maka bisa dimudahkan dalam segala urusan.

Dalam situs Quran Kemenag, surat Al Insyirah merupakan surat ke-94 yang juga dikenal dengan nama Asy-Syarh. Simak bacaan surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya.

Surat Al Insyirah Lengkap dengan Artinya

اَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَۙ - ١

Artinya:

"Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?"

وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَۙ - ٢

Artinya:

"dan Kami pun telah menurunkan bebanmu darimu,"

الَّذِيْٓ اَنْقَضَ ظَهْرَكَۙ - ٣

Artinya:

"yang memberatkan punggungmu,"

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَۗ - ٤

Artinya:

"dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu."

فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ - ٥

Artinya:

"Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,"

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ - ٦

Artinya:

"sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan."

فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ - ٧

Artinya:

"Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain),"

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ ࣖ - ٨

Artinya:

"dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap."

Kandungan Surat Al Insyirah

Surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya memang perlu dipahami agar bisa mengamalkannya secara tepat. Lihat bagaimana bunyi surat Al Insyirah beserta arti lengkapnya agar bisa memahami kandungannya.

Dari ayat-ayat yang tertuang dalam surat Al Insyirah dan arti lengkapnya, kandungannya ditujukan kepada para umat Muslim yang sedang dalam masalah dan ingin segera urusan tersebut selesai dengan baik. Surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya memang cocok diamalkan ketika sedang merasa kesulitan atau gelisah.

Ada dua ayat dari surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya yang menekankan, Allah SWT pasti memberikan kemudahan di balik kesulitan yang sedang dialami. Oleh karena itu tetaplah bekerja keras agar bisa menemukan kemudahan yang diberikan Allah SWT.

Bunyi ayat dalam surat Al Insyirah arti lengkap dan kandungannya yang menekankan kalau di balik kesulitan pasti ada kemudahan tertuang pada ayat 5 dan 6.

فَاِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۙ - ٥

Artinya:

"Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan,"

اِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًاۗ - ٦

Artinya:

"sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan."

Selanjutnya, dua ayat terakhir menerangkan bahwa kemudahan bisa diraih dengan berusaha keras. Jika sudah selesai dengan satu urusan maka lanjutkan dengan menyelesaikan tugas lain secara tulus dan bersungguh-sungguh maka Allah SWT akan mempermudah jalannya.

Tidak lupa tetap berserah diri kepada Allah SWT. Ikhtiar tanpa berdoa tentu hasilnya tidak akan memuaskan. Seperti yang tertuang dalam ayat terakhir surat Al Insyirah beserta arti lengkapnya.

وَاِلٰى رَبِّكَ فَارْغَبْ ࣖ - ٨

Artinya:

"dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap."

Sekarang kamu sudah tahu kan bacaan surat Al Insyirah lengkap dan artinya? Para umat Muslim, yuk mulai mengalamalkan surat Al Insyirah dan kandungannya setiap hari!



Simak Video "Nikah di Afrika, Crazy Rich Jemput 200 Tamu Pakai Jet Pribadi"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)