Kata-kata Bijak Islami yang Bisa Jadi Penyejuk Hati

Lusiana Mustinda - wolipop Jumat, 18 Sep 2020 18:41 WIB
FILE-In this Nov. 11, 2019 file photo, Hindu devotees pray while walking towards a temple, in Ayodhya, India. India’s Prime Minister Narendra Modi will attend a groundbreaking ceremony next month for a Hindu temple on a disputed site in northern India where a 16th-century mosque was torn down by Hindu hard-liners in 1992. The trust overseeing the temple construction says the ceremony is set for Aug. 5, a date they say is astrologically auspicious for Hindus but that also marks a year since the Indian Parliament revoked the semi-autonomous status of its only Muslim-majority state, Jammu and Kashmir. (AP Photo/Rajesh Kumar Singh, File) Kata-kata bijak Islami. Foto: AP/Rajesh Kumar Singh
Jakarta -

Sedang merasa sedih? Rasa sedih dapat membuat pikiran gundah. Kata-kata bijak Islami ini tentunya bisa memberikan dorongan semangat untuk kamu bangkit.

Kata-kata bijak Islami ini juga terinspirasi dari Al-qur'an dan juga hadits Nabi Muhammad SAW dan kata-kata para sahabat. Kata bijak Islami ini dapat membantu kamu melanjutkan kehidupan dengan penuh semangat sesuai dengan ajaran agama Islam.

Berikut ini beberapa kata-kata bijak Islami yang bisa kamu bagikan untuk saling memberi semangat ke sesama muslim:

Kata-kata bijak Islami tentang sabar dan bersyukur

1. "Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini." - Ali bin Abi Thalib

2. "Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." - Ali bin Abi Thalib

3. "Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)." - Imam al-Ghazali

4. "Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya." - Ibnu Qayyim

5. "Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan." (QS Al Insyirah 5)

6. "Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

7. "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita." (QS At Taubah 40)

8. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati."(Ali bin Husein)

9. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." (HR Tirmidzi)

10. "Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi." (Imam Syafi'i)

Kata-kata bijak Islami tentang cinta

11. "Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula." (QS An Nuur 26)

12. "Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan." (Buya Hamka)

13. "Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu." (Imam An Nawawi)

14. "Tidak ada solusi yang lebih baik bagi dua insan yang saling mencintai dibanding pernikahan." (HR. Ibnu Majah)

15. "Ketika seorang suami dan istri saling berpandangan dengan penuh cinta, Allah melihat mereka dengan belas kasih." (HR. Bukhari)

16. "Cinta pada Allah sama seperti cahaya terang. Tanpanya, kamu bagaikan terombang-ambing di lautan kegelapan." - Ibnu Qayyim

17. "Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Lembahnya adalah cinta kepada sesama." - Nabi Muhammad SAW

18. "Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu." (Imam Asy Syafi'i)

19. "Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan." (Salim A. Fillah)

20. "Cinta kita adalah yang terbaik karena imanku bertambah. Kau membantuku di dunia, dan karena itu aku ingin kembali bertemu denganmu di surga."


Kata-kata bijak Islami kehidupan dunia akhirat

21. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." (Jalaludin Rumi)

22. "Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam." (Abu Hamid Al Ghazali)

23. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui." (Q.S al-Ankabut 64)

24. "Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan." - (Q.S Yunus: 56)

25. "Kesabaran itu bermahkotakan keimanan. Orang yang kehilangan kesabarannya sama dengan tidak beriman. Nabi bersabda bahwa Allah tidak memberikan iman kepada orang yang bersifat pemarah."

26. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." (HR Tirmidzi)

27. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya. Dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok." (HR. Ibnu Asakir)

28. "Orang yang cerdas adalah orang yang mengendalikan dirinya dan bekerja untuk kehidupan setelah kematian." (HR. Tirmidzi)

29. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba."

30. "Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik."

Nah itulah beberapa kata-kata bijak Islami, semoga bisa memberikan inspirasi ya detikers!



Simak Video "Anggunnya Cinta Laura dengan Busana Hudoq di JFC 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)