Komika Berhijab Ini Jadi Satu-Satunya Wanita Indonesia di BBC 100 Woman

Silmia Putri - wolipop Jumat, 23 Nov 2018 11:37 WIB
Foto: Twitter/SakdiyahMaruf
Jakarta - Tak banyak komedian Indonesia yang menunjukkan taringnya di kancah internasional, khususnya wanita. Namun, tahun ini Indonesia mencetak sejarah karena komedian asal Pekalongan Sakdiyah Ma'ruf masuk dalam daftar 'BBC 100 Women'.

Tahun ini BBC merilils 100 wanita yang dinilai menginspirasi dan berpengaruh di dunia. Penilaian dilakukan terhadap sekitar 60 negara. Hanya ada satu wanita Indonesia yang terpilih.

Sakdiyah Ma'ruf merupakan stand up komedian berhijab asal Pekalongan yang memiliki misi dalam komedinya. Dilansir dari BBC News, Sakdiyah terpilih karena menjadi stan up komedian pertama yang menggunakan komedi untuk melawan kekerasan dan ekstrimisme terhadap perempuan.



Wanita keturunan Arab ini mengawali karirnya sebagai seorang penerjemah. Ia mengisi waktu luangnya untuk melakukan stand up comedy. Memiliki kelihaian berbahasa Inggris, membuat Sakdiyah lebih cepat dikenal oleh media mancanegara.

Salah satu penampilannya yang viral adalah saat ia berpresentasi di video TED X Ubud. Wanita berusia 26 tahun itu konsisten mengambil tema tentang wanita, Islam, dan menyampaikan pesan-pesan positif kepada penontonnya.

Sebelumnya, Sakdiyah juga pernah menyabet penghargaan Vaclav Havel International Prize for Creative Dissent 2015. Penghargaan dari The Human Rights Foundation (HRF) langsung ia terima di Oslo, Norwegia.

Komika Berhijab Ini Jadi Satu-Satunya Wanita Indonesia di BBC 100 WomanSakdiyah Ma'ruf masuk daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia versi BBC. Foto: Twitter/SakdiyahMaruf


Dalam daftar BBC 100 Women, Sakdiyah menduduki peringkat ke-54. Peringkat pertama diraih oleh Abisoye Ajayi-Akinfolarin, GirlsCoding sebuah organisasi non profit yang mengajarkan cara membuat website kepada komunitas tertentu.



Tonton juga 'Voice of Baceprot, Band Hijabers Metal':

[Gambas:Video 20detik]




Komika Berhijab Ini Jadi Satu-Satunya Wanita Indonesia di BBC 100 Woman
(sil/sil)