Liputan Khusus Hijabers Peraih Medali

Ini Raisa Martika Tamara, Atlet Hockey Hijab Peraih Medali Emas PON Papua

Gresnia Arela Febriani - wolipop Senin, 18 Okt 2021 10:30 WIB
Foto atlet hockey Raisa Martika Tamara yang berhasil mendapatkan medali emas. Foto: Dok. Pribadi Raisa. Foto atlet hockey Raisa Martika Tamara yang berhasil mendapatkan medali emas. Foto: Dok. Pribadi Raisa.
Bandung -

Berkat kemampuan dan konsisten untuk mencapai hasil yang maksimal, Raisa Martika Tamara menyumbangkan medali emas di PON XX 2021 PAPUA untuk Kontingen Jawa Barat. Pencapaiannya itu sekaligus memantapkan Posisi #JABARJUARA di Peringkat 1.

Tim Hockey Indoor Provinsi Jawa Barat, Raisa Martika Tamara dan Siti Anisa berhasil meraih kemenangan ketika melawan Papua Barat dengan skor 6-0. Kemenangan kembali diraih saat melawan tim Hockey Indoor Jawa Tengah dengan skor 1-0. Raisa bersama timnya pun mendapatkan medali emas di PON XX 2021 PAPUA.

Seperti apa sosok Raisa Martika Tamara yang merupakan atlet hockey berhijab asal Jawa Barat? Wolipop berbincang dengan atlet peraih medali emas PON Papua 2021 ini.

Raisa sudah tertarik pada dunia olahraga sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Dia awalnya mengikuti ekstrakulikuler basket.

"Aku hanya ikut kurang lebih satu tahun karena basket banyak saingannya, susah untuk berkembang. Lalu aku 'dipaksa' oleh orangtua mengikuti olahraga hockey pada tahun 2005. Saya sampai nangis-nangis nggak mau dan diantar ke tempat latihan," ujarnya.

Atlet Hockey yaitu Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021.Atlet Hockey, Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021. Foto: Dok. Pribadi Raisa.

Raisa tidak mau latihan karena tempat latihannya sangat jauh dari kota Cianjur. "Apalagi latihannya sangat capek karena jogging sering ke gunung hampir tiap minggunya," tuturnya.

"Sampai akhirnya aku sendiri jatuh hati pada olahraga ini ketika melihat ada beberapa senior yang kepanggil untuk mengikuti PON pada waktu itu. Dari situ aku serius dan memakai hati dalam berlatih, sampai akhirnya aku masuk tim inti kabupaten Cianjur pertama kali ikut pertandingan besar waktu itu PORDA (pekan olahraga daerah) 2006 di Karawang," lanjut Raisa.

Dari sertifikat PORDA tersebut, ia bisa masuk jalur prestasi ke SMANSA 1 Cianjur. Dan pencapaiannya terus berlanjut hingga dia diterima di Universitas Pendidikan (UPI) Bandung, Jawa Barat melalui jalur PMDK.

Wanita 29 tahun itu menceritakan jika yang pertama kali memperkenalkan olahraga hoki adalah guru senamnya, ibu Yeni. Gurunya tersebut yang kemudian memperkenalkannya pada seorang pelatih hockey.

"Beliau yang memperkenalkan guru atau pelatih hoki di SMAN 1 Warungkondang yakni pak Yuyun Rahayu. Beliau lah yang mengajarkan saya dari 0 hingga saat ini," ucapnya.

Raisa juga menuturkan kedua orangtuanya mendukung pilihannya. Ayahnya wiraswasta menjual karpet. Sang ibu pensiun sejak Oktober 2021 sebagai Kepala SMAN 1 Sukaresmi, Kabupaten, Jawa Barat.

Raisa mengungkapkan suka dan duka menjalani olahraga hockey. Klik halaman selanjutnya....

Selanjutnya
Halaman
1 2