Intimate Interview

Kisah Ala, Hijabers Pendiri Bittersweet by Najla, Sukses Berawal dari Iseng

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 04 Jul 2021 08:00 WIB
Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla. Foto Najla Bisyir pendiri dessert box Bittersweet by Najla. Foto: Dok. pribadi Najla.
Jakarta -

Kamu pecinta dessert? Tentu sudah tak asing dengan Bittersweet by Najla, yang menjual dessert box viral. Saat ini brand makanan tersebut sudah mempunyai beberapa cabang di Jabodetabek. Seperti apa kisah suksesnya?

Wolipop berbincang dengan Najla Bisyir, hijabers di balik sukses Bittersweet by Najla. Ia menceritakan bagaimana awal mula dirinya mendirikan Bittersweet by Najla. Dia mengaku hanya iseng saja membuat kue dan mengunggah hasil karyanya.

"Awalnya di tahun 2016, cuma iseng baking cake, cinnamon rolls dan posting di Pinterest. Tapi memang dasarnya aku seneng baking sih," kata wanita yang akrab disapa Ala itu kepada Wolipop, Kamis (24/6/2021).

Usai Ala mengunnggah kue buatannya di media sosial, teman-temannya langsung tertarik ingin memesan dan mengatakan agar kue buatannya dijual. Setelah terjual cukup banyak, ia langsung berpikir untuk berbisnis kue.

"Nah temen-temen aku pada komen, pada minta dijualin. Ya sudah aku jual dan pada suka. Waktu pertama buka order, langsung masuk 20 loyang. Buat aku waktu itu sudah banyak banget. Dan di situ aku melihat, wah ini bisa jadi "something"," ujar Ala.

Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla.Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla. Foto: Dok. pribadi Najla.

Asal Usul Nama Bittersweet by Najla

Ala menerangkan jika pemilihan nama Bittersweet berdasarkan dari cokelat Belgium yang ia gunakan dalam membuat kue. "Karena rasanya itu bitter atau pahit di awal, tapi sweet atau manis di akhir. Bittersweet juga jadi life reflection karena di mana kamu mengalami ke bitter-an dalam hidup, pasti akhirnya selalu sweet," kata Ala.

Wanita 36 tahun itu juga mengungkapkan alasan memulai bisnis dessert box. Menurutnya pada saat itu yaitu di 2016, belum ada yang menjual produk serupa.

"Memilih bisnis cake sebenernya gara-gara memang setiap weekend, family time, pasti harus ada cake kan? Terus selalu beli. Nah tapi itu cake nggak pernah habis. Dan kalau nggak habis dimasukin ke kulkas jadi kering dan bentuknya udah nggak menarik lagi. Akhirnya karena ada masalah itu, aku setiap makan cake nggak habis pasti aku taruh kotak makanan biar cakenya tetep moist," tuturnya panjang lebar.

Ala menjelaskan masalah yang dialaminya itu ternyata dialami banyak orang juga. Dari sanalah dia terpikir untuk membuat kue tapi dikemas di dalam box.

"Supaya tetep terjaga moist-nya dan bisa dimakan berulang-ulang kali. Karena bentuknya tetap cakep dan cakenya tetap moist. Tapi sekarang banyak orang yang bilang cake aku nggak tahan lama, lima menit sudah langsung habis," imbuhnya seraya tertawa.

Saat mulai mendirikan Bittersweet by Najla, jenis dessert box yang pertama ia buat adalah varian Turkish yang jadi primadona dan laris manis hingga saat ini. Ala sedikit berbagi rahasia di balik kelezatan kue tersebut.

"Soalnya aku memang gila coklat. Jadinya si Turkish ini aku buat buttercakenya dari campuran cokelat Belgium, moussenya juga ada campuran Belgium cokelatnya bahkan sampe toppingnya aku bikin dari lelehan cokelat Belgium juga," ucapnya.

Saat ditanya berapa modal awal ia membuat usaha dessert box rumahan, Ala mengaku sudah tidak ingat. Sebab dia hanya memakai bahan-bahan yang tersedia di rumahnya.

Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla.Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla. Foto: Dok. Instagram @alabisyir

Strategi Promosi dan Pemasaran

Anak pertama dari tiga orang bersaudara itu memilih melakukan pemasaran produknya melalui online saat awal mula berbisnis. Dia memilih cara tersebut karena pada saat itu tidak ada modal untuk membuat toko fisik.

"Jangankan kepikiran offline store, kitchen aja aku masih pake kitchen di rumah. Belum ada kepikiran central kitchen. Pertamanya dari Path, lalu muncul Instagram, di sanalah aku udah mulai banyak dikenal," kenang Ala.

Ala pun semakin rajin mengunggah dessert box buatannya ke media sosial. Seiring semakin banyak netizen membeli Bittersweet by Najla, semakin banyak yang mengetahui kue tersebut dan promosi pun melalui mulut ke mulut. Lalu ia mulai diajak bekerja sama dengan Go Shop dari aplikasi Gojek.

"Karena aku (Bittersweet by Najla) kata dia jadi orderan paling rame kedua se-Jakarta dari situ aku mulai gabung GoFood, GrabFood dan Shopee. Baru-baru ini gabung ke Tokopedia dan sudah ada website sendiri," imbuhnya.

"Orderan yang saat itu 50 box sehari sekarang bisa sampai 5.000 box sehari alhamdulillah," tambahnya.

Bisnis Ala tersebut mendapatkan reaksi positif dari keluarganya. Terutama sang suami, Yamaani Abdullah yang selalu memberikan dorongan kepada Ala.

"Suami aku sangat supportive. Sebenernya hobi baking aku muncul juga gara-gara diberikan hadiah mixer sama dia," ucap Ala seraya tertawa.

Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla.Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla. Foto: Dok. Instagram @alabisyir

Ibu-ibu di Daerah Jadi Reseller

Seiring semakin populernya Bittersweet by Najla, Ala pun ingin memperluas pasar pembeli kuenya pada 2017. Namun lagi-lagi saat itu dirinya terkendala modal. Tak mau menyerah, Ala terpikir untuk mengajak ibu-ibu di daerah.

"Akhirnya aku mengajak kerja sama ibu-ibu yang mau punya penghasilan tambahan di berbagai daerah. Efeknya luar biasa sih semakin banyak," tuturnya terkejut.

Kini Ala sudah memiliki gerai fisik atau cafe Bittersweet by Najla yang berada di Kalibata, Kemang, Depok, Bogor, Rawamangun, Sunter, Bali dan Radio Dalam. Ala pun mengungkapkan alasannya kenapa dia membuka gerai fisik.

"Kenapa buka cafe? Karena itu kemauan dari followers Bittersweet. Aku nggak pernah menyangka, apa yang aku lakuin bakalan jadi seperti ini. Kadang bingung ini doa dari siapa yang dikabulin? Makannya aku selalu pesan ke anak-anak aku, team aku, buat selalu do all the good things to others. Karena setiap perbuatan baik pasti akan di bales kebaikan yang lebih besar," tutupnya dengan ramah.

Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla.Kisah sukses Najla Bisyir, dibalik Bittersweet by Najla. Foto: Dok. pribadi Najla.
(gaf/eny)