Hijabers Amal Yahya Al-Moallimi Jadi Duta Besar Wanita Kedua di Arab Saudi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 27 Okt 2020 11:30 WIB
Amal Yahya Al-Moallimi yang jadi dubes wanita kedua di Arab Sudi Foto Amal Yahya Al-Moallimi. Foto: Twitter @ksam.
Arab Saudi -

Wanita bernama Amal Yahya Al-Moallimi jadi sorotan di Arab Saudi karena pencapaiannya. Amal baru saja didapuk menjadi Duta Besar Arab Saudi di Norwegia.

Tugas barunya ini menjadikannya sebagai wanita kedua yang menjadi duta besar Arab Saudi untuk sebuah negara. Sebelumnya ada Putri Reema Bint Bandar, yang merupakan duta besar wanita pertama Arab Saudi untuk Amerika Serikat.

Amal Yahya menjalani sumpah jabatannya sebagai duta besar dalam upacara virtual bersama duta besar lainnya pada 20 Oktober 2020. Upacara tersebut dilakukan secara langsung di hadapan Raja Salman dan di hadapan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman.

Amal Yahya memulai kariernya lebih dari 20 tahun, di bidang pendidikan, pelatihan sosial dan pengembangan. Al-Moallimi juga pernah memegang posisi tinggi organisasi direktur jenderal dan kerja sama internasional di Saudi Human Rights Commission pada 2019. Dia menjadi salah satu dari enam wanita pertama yang ditunjuk pada saat itu.

Wanita yang kini menjadi Duta Besar Arab Saudi untuk Norwegia itu juga sering menjadi pembicara dalam sejumlah konferensi internasional dan lokal. Saat menjadi pembicara di acara United Nations Economic and Social Commission for Western Asia (ESCWA) pada 2019, Amal Yahya Al-Moallimi pernah menyampaikan bagaimana kini wanita bisa ikut berperan di berbagai bidang di Arab Saudi.

"Apa yang terjadi dengan visi 2030 akan berdampak pada wilayah sekitarnya di tingkat Arab Saudi dan Islam. Tidak ada lagi bidang di mana wanita Arab Saudi tidak bisa bergabung," ujarnya seperti dikutip dari Vogue Arabia.

Pencapaian Amal Yahya ini disambut bangga keluarganya. Saudara laki-lakinya Abdallah Al-Moallimi yang juga duta besar mewakili Arab Saudi di PBB mengungkapkan kebanggaannya pada Amal Yahya di Twitter.

Amal Yahya Al-Moallimi yang jadi dubes wanita kedua di Arab SudiAmal Yahya Al-Moallimi yang jadi dubes wanita kedua di Arab Saudi. Foto: Twitter @ksam.

"Saya bangga dengan saudara perempuan saya Amal, yang pada hari ini mengambil sumpah di depan Raja Salman sebagai duta besar Kerajaan untuk Norwegia, dan terima kasih kepada semua orang yang berbagi perasaan bangga dengan kami. Semoga ayah kami Yahya dan ibu saya beristirahat dalam damai, yang telah membesarkan kami untuk mencintai negara dan setia kepada penguasa kami. Segala puji bagi Allah yang mendidikku," tulisnya.

Penunjukan Amal Yahya Al-Moallimi sebagai duta besar wanita kedua di Arab Saudi adalah bagian dari program visi Kerajaan Arab Saudi pada 2030 kela. Visi itu mencakup pemberdayaan wanita Arab Saudi. Sejak diluncurkan pada April 2016, visi 2030 telah menerbitkan berbagai aturan di antaranya wanita Arab Saudi mendapatkan hak untuk mengemudi dan bepergian tanpa wali pria.

Amal Yahya Al-Moallimi yang jadi dubes wanita kedua di Arab SudiAmal Yahya Al-Moallimi yang jadi dubes wanita kedua di Arab Saudi. Foto: Dok. Vogue Arabia.
(gaf/eny)