ADVERTISEMENT

Tips Turunkan Berat Badan a la Warga TikTok, Mandi Air Dingin Tiap Pagi

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Senin, 15 Agu 2022 21:00 WIB
back view of attractive african american woman with sponge taking shower Ilustrasi mandi air dingin. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Warga TikTok kembali memopulerkan tips unik seputar gaya hidup. Mandi air dingin disebut jadi salah satu cara untuk bantu menurunkan berat badan.

Tips itu pun telah diamini oleh dokter. Secara ilmiah, mandi air dingin memang punya sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam penurunan berat badan.

Seorang dokter bernama Zac Turner menjelaskan bahwa ketika terpapar suhu dingin, tubuh akan terpicu untuk memproduksi lemak cokelat, atau brown fat. Lemak ini berfungsi menghasilkan energi yang membakar lemak.

"Jika kamu yang sedang mencari cara untuk menurunkan beberapa kilogram, cobalah mandi air dingin, terutama setelah olahraga," ujar Dr Zac Turner, seperti dilansir Daily Star.

Disarankan untuk membilas tubuh dengan air dingin setelah rutinitas mandi yang biasa. Caranya, mandilah seperti biasa dengan suhu air normal. Setelah bersih, basahi kembali tubuh menggunakan air dingin.

"Mulai dengan mandi air dingin selama 30 menit setelah rutinitas mandi biasanya setiap pagi lalu ulangi selama dua menit lagi," sarannya.

Manfaat lainnya dari mandi air dingin adalah meredakan nyeri otot. Sakit atau nyeri otot yang terjadi setelah olahraga berat bisa diredakan dengan mandi air dingin.

Henry Halse, pakar kesehatan asal Philadeplphia menyarankan untuk memfokuskan guyuran air dingin pada bagian yang terasa nyeri atau sakit, selama lebih kurang lima menit.

"Peredaran darah yang meningkat menuju area tersebut bisa membantu memperbaiki kerusakan otot atau jaringan lain karena pembuluh darah Anda mengandung nutrisi yang menyembuhkan," ujar Henry.



Simak Video "Viral Anak Menangis Ingin Dijemput Sekolah Ibunya, Ini Kata Kak Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)